Sekilas Info

Razia di Lintas Melawi, Pelaku Balap Liar Kocar-Kacir

Balap LiarSINTANG | SenentangNews.com-- Kepolisian Resort (Polres) Sintang bersama Detasemen Polisi Militer XII/I Sintang menggelar penertiban kendaraan bermotor di beberapa jalan Lintas Melawi pada Malam Minggu (27/2). Penertiban tersebut digelar karena banyaknya masyarakat atau pengguna jalan yang melintasi merasa resah dengan adanya aktivitas balap liar yang kerap dilakukan di wilayah tersebut.

Tak sedikit pengendara yang panik hingga kocar-kacir terjatuh saat melintasi daerah tersebut dan mengetahui adanya giat penertiban yang dilakukan oleh tim gabungan. Bahkan ada beberapa yang mencoba menerobos barisan Polisi yang menyuruh kendaraan melintas untuk mengurangi kecepatannya. Tak hanya itu, terdapat satu orang yang tak terima ketika motornya diberhentikan oleh petugas.

"Aku beli motor dengan uang sendiri, bukan uang Om," salah satu teriakannya kepada satu diantara petugas yang ada sembari melakukan perlawanan.

Melihat hal itu, petugas lainnya berusaha menahan amukan remaja tanggung ini sembari meminta agar  remaja tersebut tenang akan tetapi remaja tersebut berusaha melepaskan –diri bahkan menendang salah satu anggota Polres Sintang.

Kasat Lantas Polres Sintang, AKP Ryan Dodo Hutagalung mengatakan dalam giat ini, penekanan penertiban terhadap kendaraan bermotor yang tak lengkap langsung ditilang. Ia sangat menyayangkan adanya beberapa kendaraan yang jatuh saat terjadi penertiban karena takut saat melihat petugas.

"Kita menyuruh mereka menepi baik-baik kok. Kendaraan yang kami periksa ini adalah kendaraan yang memang tak lengkap, seperti spion maupun knalpot racing atau tepatnya kendaraan yang diindikasi digunakan untuk balap liar. Di jalan Lintas Melawi ini kan sering terjadi aktivitas balap liar, itu bisa membahayakan pengguna jalan lain maupun dirinya sendiri, tak sedikit laka lantas yang terjadi di daerah ini," jelasnya.

Pantauan dilapangan para pengendara balap liar yang terjaring mayoritas adalah anak dibawah umur. Malah yang uniknya, para pengendara lebih banyak tidak memiliki surat kendaraan,” kendaraan yang tidak memiliki surat lengkap langsung ditilang ditempat. Sementara untuk pengendara kendaraan tersebut yang mayoritas berusia remaja ini diberikan pengarahan oleh petugas agar tak mengulangi hal yang serupa serta melengkapi kendaraannya.(uli)

error: Content is protected !!