Sekilas Info

Kantor Desa Entogong Diresmikan Wabub

SINTANG | SenentangNews.com-

SINTANG | SenentangNews.com- Wakil Bupati Sintang Askiman meresmikan Kantor Desa Entogong di Kecamatan Kayan Hulu. Peresmian kantor yang dibangun melalui Anggaran Alokasi Desa (ADD) ini ditandai penanda tanganan prasasti dan pengguntingan pita, pada Rabu, (24/2).

Kepada seluruh jajaran pemerintah desa, Askiman meminta agar ADD digunakan secara transparan. Kepala Desa, kades bersama BPD harus saling sinergi dalam membangun desanya dan harus saling terbuka.

"Apabila ada kades tertutup dan tidak transparan dalam melaksanakan pembangunan maka akan terjadi hambatan dalam membangun desa, saya  mengharapkan agar Alokasi Dana Desa yang besar bisa digunakan tidak hanya membangun parit, WC dan Pintu gerbang saja, tetapi dipergunakan untuk pembangunan yang bisa dinikmati masyarakat terlebih untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa," kata Askiman.

Dikatakan Askiman tertib administrasi harus menjadi nafas bagi pemerintahan desa dalam menjalankan roda pemerintahan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kantor Desa yang megah harus diikuti pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Saya juga minta agar pemerintahan desa mampu mempertanggungjawabkan keuangan ADD secara benar. Jangan sampai hanya mempertanggungjawabkan keuangan ADD dengan meminta bantuan kepada pihak lain dengan membayar sejumlah uang sebagai balas jasa. Tetapi setiap Pemerintahan Desa harus mampu membuat APBDes dan membuat pertanggungjawaban keuangan desa sendiri,”ujar Askiman.

Ketua Panitia Peresmian Kantor Desa menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada Wakil Bupati Sintang yang sudah mau datang dan meresmikan Kantor Desa Entogong.

"Karena beliau merupakan putra terbaik Kayan Hulu,"katanya.

Arifin Kades Entogong menyampaikan bahwa pembangunan kantor desa ini mulai dibangun sejak 2014. Setelah dibangun selama dua tahun anggaran melalui Alokasi Dana Desa baru bisa diselesaikan.

"Mengingat Desa Entogong ini berada di pusat kecamatan, maka kami mohon pembangunan jalan, jembatan dan kepentingan lain bisa diperhatikan oleh Pemkab Sintang " pinta Arifin.

Camat Kayan Hulu Tober Manurung menyampaikan kehadiran gedung kantor desa ini harus mampu menunjang pelayanan pemerintahan desa yang prima kepada masyarakat Entogong.

"Persoalan batas desa dengan desa tetangga juga sudah mulai dibenahi dan diselesaikan oleh pemerintahan Desa Entogong bersama desa lain didukung pemerintah Kecamatan Kayan Hulu,”kata Tober.

Dihadapan Wakil bupati, Tober meminta agar pembangunan jembatan gantung di Nanga Tebidah agar segera diganti dengan rangka baja karena sudah 4 tahun berturut-turut memasukan usulan ini ke musrenbang dan menyurati Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang namun belum ada jawabannya.

"Karena kondisi jembatan gantung sekarang sudah ada tali yang putus, namun kita berharap tidak terjadi apa-apa, dan kita minta pak wakil untuk segera meresponnya," terang Tober Manurung. (slh/red)