Sekilas Info

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula KPU Gandeng Dinas Pendidikan

Kpu Gandeng Dinas PendidikanSenentang news-Dalam rangka meningkatkan partisipasi para Pemilih Pemula dalam Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden Tahun 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang menjalin MoU dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang.

Ketua KPU Supranto Aji didampingi Sekretaris KPU, Hermanus, dan 4 anggota Komisioner lainnya, Selasa (28/1), melakukan audiensi di ruang kerja kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, YAT. Lukman Riberu.

Menurut Supranto Aji, MoU tersebut sebagai tindaklanjut dari MoU antara Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, terkait dengan peningkatan partisipasi pemilih pemula. Melalui MoU ini, kami KPU Sintang siap bekerjasama melakukan sosialisasi tentang Pemilu di Sekolah-sekolah. KPU juga berharap kepada Dinas Pendidikan dalam berbagai pertemuan dapat menyampaikan informasi pelaksanaan Pemilu serta pentingnya menggunakan hak pilih sebagai Warga Negara Indonesia guna mensukseskan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden.

“MoU antara KPU dengan Dinas Pendidikan, tidak hanya di lakukan Sintang saja melainkan dilakukan diseluruh Indonesia, "kata Supranto Aji

Dalam pertemuan tersebut, kepala dinas pendidikan kabupaten Sintang YAT Lukman Riberu merespon baik ajakan KPU tersebut, dan akan segera menindaklanjuti serta mendelegasikan kepada jajarannya. Karena dalam kenyataanya sekarang, meskipun jumlah pemilih semakin banyak namun partisipasinya semikin berkurang, khususnya dikalangan generasi muda.

"Mereka harus ditambah wawasannya dan harus mengerti haknya sebagai warga Negara. Bagaimanapun juga, mereka adalah calon pemimpin bangsa ini dimasa depan."Ujar Lukman

Ketika ditanya apakah masih sempat, mengingat Pemilu Legislatif hanya tinggal 70-an hari lagi. Menurut calon Doktor ini, soal sempitnya waktu tidak menjadi masalah karena akan dibantu oleh banyak Guru. Terlebih sosialisasi juga terbatas hanya di tingkat SMU dan yang sederajat, terangnya.

Sebelumnya KPU Sintang telah melakukan pengukuhan relawan demokrasi pada tanggal 21 Desember 2013 lalu menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih bernasis Kabupaten/Kota.

Bentuk peran serta masyarakat ini, diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran serta tanggungjawab masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu secara optimal.

Dalam kesempatan tersebut Ada 5 segmen sasaran, yang menjadi sasaran KPU yaitu, para pemilih pemula, kaum perempuan, kaum keagamaan, kaum pinggiran dan para disabilitas atau penyandang cacat (Luc/red)

error: Content is protected !!