Sekilas Info

Akim Nilai Partisipasi Pemilih lebih Baik Dari Tahun Lalu

*TPS 1 Desa Empaci Sempat Terjadi Penundaan Pemungutan Suara*

Aleksius AkimSINTANG | SenentangNews.com- Pejabat Bupati Sintang Alexius Akim menilai  antosias masyarakat dalam memberikan hak pilihnya dalam pikada Sintang 2015 cukup baik dari tahun sebelumnya.

"Dari sisi keamanan, kita melihat semuanya berjalan aman, tertib dan lancar,"kata Akim saat di wawancarai usai mengunjungi sejumlah TPS .

Dia pun mengapresiasi kepada masyarakat Sintang yang telah berpatisipasi dalam menyukseskan pilkada ini,"dan mudah-mudahan pilihan rakyat dapat melahirkan pemimpin yang baik,"katanya.

Akim mengimbau kembali, kepada masyarakat, yang belum terdaftar di DPT, dan merasa mempunyai hak pilih, agar yang bersangkutan memberikan hak suaranya dengan menggunakan identitasnya, seperti menggunakan KTP atau KK,  untuk memberukan hak suaranya ke TPS tempat Domisilinya masing-masing.

Selain itu, Dia juga berharap, KPU dapat segera memproses rekapitulasi, sehingga tidak terjadi dinamika terlalu panjang,"iya harapan kita KPU sera memproses rekapitulasi, jangan sampai masuk angin,"katanya.

Pj bupati yang di dampingi Kapolres Sintang saat mengunjungi sejumlah TPS tersebut, tampak bebincang-bincang dengan putgas mempertanyakan seputar proses berjalannya pemungutan suara.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang di peoleh dari Panwas Kabupaten Sintang, terjadi kekurangan surat suara di desa Empaci TPS 1, sehingga terjadi  penundaan proses pemungutan suara, dan baru kembali di lakukan pemungutan suara, sekitar 10.30. Wib.

Divisi pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwas Sintang, Saiful Nur mengatakan, persoalan atas terjadinya kekurangan surat suara tersebut, sudah di lakukan penanganan, dan semua kembali berjalan dengan lancar.

Terkait keterlambatan proses pemungutan suara, tentu tidak bisa di berikan toleransi perpanjangan waktu,  Aturan tidak mengatur tentang toleransi untuk kondisi tertentu,"Keterlambatan poses pemungutan suara tersebut, Saat ini tidak ada masalah, dan semuanya berjalan dengan lancar,"katanya.

Disinggung koordinasi pengawasan  pemungutan suara untuk daerah perbatasan dengan jajaran tingkat bawah, diakuinya memang terdapat beberapa kendala, lantaran sulitnya akses kominaksi. selain itu, Jalur transportasi menuju ke daerah perbatasan sangat sulit, ditambah lagi di musim penghujan ini.

Sementara, Ketua KPU Sintang, Supranto Aji, mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait adanya kendala dalam proses pemungutan suara.

Hanya saja, di Desa Empaci TPS 1 terjadi kekurangan surat suara, namun hal itu tidak menjadi kendala karena pihaknya sudah mengani kekurangan surat suara tersebut.

"Kekurangannya sekitar 100 saja, dan sudah di lengkapi, dengan meminta  surat suara dari Desa TPS terdekat,"katanya.

Dia menambahkan, hasil pemungutan suara pada hari ini, pihaknya akan berusaha menyuguhkan data-data, melalui websitenye berkaitan dengan formulir C1.

"Pengumpulan berkas formulir  C1, kita targetkan 5 hari, agar bisa terkumpul semua, dan memang hal ini merupakan instruksi KPU RI,"katanya.

Sementara, untuk Rekapitulasi perolehan suara di tinggkat KPU sesuai tahapan yakni akandilaksanakan  pada tanggal 16-18 Desember Mendatang.(tmo)

error: Content is protected !!