Sekilas Info

Jelajah Offroad Daerah Perbatasan 2015

as
Peserta JO berfoto bersama di tugu tri anggulasi perbatasan badau

SINTANG | SenentangNews.com-Indonesia Offroad Federation Kalimantan barat (IOF Pengda Kalbar) menggelar event Jelajah Off-road daerah perbatasan, adalah kegiatan petualangan “non-kompetisi“ menyusuri medan offroad di wilayah perbatasan negara di bagian utara Kalimantan Barat.

Kegiatan ini menempuh jarak ± 900 Km dengan kondisi jalur yang hampir seluruhnya didominasi tanah merah. Perkiraan waktu dari Start dan Finish di pontianak +/- 5 hari. Jelajah Off-road merupakan kegiatan penggiat 4x4 dengan lebih menekankan pada sisi Wisata Adventure, Sosial Budaya Seni, dan sejarah bangsa Indonesia.

Setiap tahun pelaksanaan kegiatan ini mengambil Tema dan Lokasi yang  berbeda. Rombongan juga akan melakukan perjalanan berdasarkan Tulip, Rambu-rambu dan data GPS. Tidak ada trek yang khusus dibuat/dipersiapkan bagi peserta, Seluruh peserta harus mandiri secara penuh selama dalam kegiatan perjalanan.

dsEvent jelajah offroad daerah perbatasan 2015 dilaksanakan dalam rangka memperingati hari pahlawan pada tanggal 10 november. Jelajah offroad daerah perbatasan 2015 dimulai pada tanggal 7 november dengan start di Pontianak dan finis di badau tanggal 10 november sekaligus upacara hari pahlawan di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di Kalimantan barat, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas hulu.

Hal ini dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi membela republic Indonesia merebut kemerdekaan rakyat Indonesia dari tangan para penjajah. Dalam kegiatan Jelajah Offroad Daerah perbatasan 2015 di ikuti oleh seluruh peserta yang berasal dari pengcab yang telah di bentuk seperti IOF Pengcab Kota Pontianak, IOF Singkawang, IOF Sanggau, IOF Melawi, IOF Kapuas hulu, IOF Kubu raya, dan IOF Landak. Total keseluruhan peserta yang mengikuti event ini berjumlah 29 mobil yang berasal dari seluruh pencab.

unnamedDalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Kepala Polisi Daerah Kalimantan barat dari awal kegiatan sampai dengan akhir kegiatan. Wakapolda juga menjadi instruktur pada upacara hari kemerdekaan yang di lakukan di perbatasan, dimana dalam upacara tersebut dihadiri oleh Wakapolres Putusibau, Camat, Kapolsek badau, Danramil lintas batas badau dan Seluruh peserta JO (Jelajah Offroad).

Upacara memperingati hari pahlawan yang di laksanakan di kecamatan badau kabupaten Kapuas hulu yang dihadiri oleh peserta JO 2015 dengan terpaksa harus dilakukan di dalam ruangan karena pada saat itu cuaca sedang turun hujan sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan upacara memperingati hari pahlawan. Upacara memperingati hari pahlawan juga sekaligus sebagai penutup dari rangkaian kegiatan Jelajah Offroad Daerah Perbatasan 2015, dengan penyematan pin oleh Wakapolda dan penyerahan piagam penghargaan kepada peserta JO.

Pada perjalanannya event ini melewati kota dan beberapa perkampungan dari start sampai dengan finish antara lain Pontianak – Sosok – Sp. Tanjung – Balai Karangan – Sungai Daun – Pintas Keladan – Empunak – Sungai Antu – Rasau – Rasau – Ng. Kelapan – Ng. Seran – Mangerat – Jelemuk Satu – Nanga Kantuk – Kekurak – Badau.(her)

error: Content is protected !!