Sekilas Info

Kadis Perindag Sintang Wanti-Wanti Pengusaha Air Minum

Sudirman

SINTANG | SenentangNews.com-Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sintang, H Sudirman mengatakan pihaknya akan menindak tegas pelaku usaha depot air minum yang menggunakan peralatan tidak memenuhi standar. “Sanksinya bisa sampai penutupan tempat usaha,” katanya

Kendati demikian Sudirman mengaku,  pihaknya tidak dapat memberikan sanksi tapa dasar yang kuat.“kita harus ada barang bukti,” imbuhnya.

Diakatakan mantan Camat Sintang ini, pihaknya melakukan sidak depot air minum isi ulang, lima dari enam depot yang didatangi, belum memenuhi standar.

“Tujuannya kita ingin memastikan peralatan dan produk itu memenuhi standar atau tidak,”katanya.

Berdasarkan data tahun sebelumnya lanjut Sudirman, di Sintang terdapat 118 Depot air minum isi ulang. “Kemarin baru enam depot yang kita cek, tapi kita juga sedang melakukan penelusuran kelapangan, melanjutkan yang kemarin,” katanya

Sudirman menguraikan peralatan industri depot air minum yang harus memenuhi standar diantaranya penampungan air baku, galon, penayaring air, filter, dan segel galon.

“Selain itu tempat usahanya juga harus khusus, tidak boleh digabung dengan ini itu,” ujarnya.

Dengan memperhatikan hal tersebut lanjut Sudirman, agar pelaku usaha depot air minum dapat memahami dan menerapkan cara produksi yang baik, sehingga masyarakat tidak dirugikan dengan beredarnya air minum dari depot air minum yang tidak memenuhi persyaratan mutu dan keamanan.

“Masyarakat juga harus teliti sebelum membeli, lihat baik-baik kemasanya. Jangan terima bila kemasan atau segelnya sudah rusak,” pintanya

Dia juga meminta kepada pemilik warung tempat dititip air galon agar memastikan depot yang menitip memiliki ijin baku. “Mereka juga harus memahami, jangan asal jual. Tanyakan ada ijin baku atau tidak. Warung yang menjadi tempat peniipan juga harus ada SOP nya,”tukasnya.(tmo/red)