Sekilas Info

Tunggu SK dari Pusat, Melawi Siaga Satu Kabut Asap

Hatta

MELAWI | SenentangNews.com- Penjabat Bupati Kabupaten Melawi Hatta mengatakan Kabupaten melawi  belum mendapat anggaran dari pemerintah terkait penanggulangan bencana, pasalnya hingga saat ini surat keputusan mengenai Penetapan Status Siaga darurat penanganan Bencana belum ditandatangani.

“Anggaran dari pusat itu ada tapi tidak bisa di ambil karena SK mengenai Penetapan Status Siaga pertama darurat penanganan Bencana belum ditanda tangani bupati sebelumnya, supaya bisa nanti  akan saya tandatangani.” Kata Hatta saat berada di Sintang, Kamis (03/09).

Hal tersebut lanjut Hatta guna mengantisipasi dalam penanganan bencana yang terjadi di kabupaten melawi.

“ini adalah salah satu upaya untuk menangani bencana di kabupaten Melawi, ” tambahnya

Terkait dengan bencana kabut asap, Hatta mengatakan pada musim kemarau ini sulit untuk di atasi karena masih musim orang membakar ladang. Kendati demikian hatta memastikan di Kabupaten Melawi tidak terdapat spot lahan yang terbakar.

“sejak juli  Ini masih musim orang bakar ladang ,  jadi menimbulkan Kabut asap. membakar ladang sudah menjadi budaya sejak nenek moyang,  makanya mengatasi kabut asap itu sulit, terlebih mayoitas penduduk kita di kalimantan barat ini bertani.   Tapi bisa dikatakan kabupaten melawi tergolong aman, tdak terdapat spot yang terbakar. Karena yang dilarang pemerintah itu membakar ladang tapi lahan yang lain juga terbakar.” Jelanya

Untuk mengantisipasi hal tersebut Hatta mengatkan bahwa perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat guna memberikan pemahaman terhadap mekanisme membakar ladang yang baik.

“Setelah SK  Bupati di tandatangani tentu langkah kedepan kita  akan memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait mekanisme membakar ladang yang baik.” Pungkasnya (mot)