Sekilas Info

KPU Melawi Banyak Temukan Orang Tak Dikenal

Juliarti Ketua KPU Kabupaten Melawi

MELAWI | SenentangNews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Melawi mulai melakukan proses pemuktahiran data pemilih. Saat ini Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) yang dibentuk oleh KPU sedang melakukan pencocokan dan penelitian daftar pemilih disetiap desa.

Menurut Ketua KPU Melawi, Julita, data pemilih sementara masih tinggi, bahkan hasil monitoring mereka dilapangan, tingginya jumlah pemilih tersebut dikarenakan hal-hal yang klasik, seperti orang yang sudah meninggal masih dimasukkan dalam daftar pemilih, orang yang sudah tidak ada dan pindah tempat masih masuk dalam daftar, masih banyak data ganda, kemudian banyak orang yang tidak dikenal.

“Yang paling banyak ditemukan itu, orang yang tidak dikenal,” ungkapnya kemarin.

Data pemilih sementara kata Julita berjumlah 189.256, data tersebut merupakan hasil penggabungan dua data hasil sinkronisasi dari DPT terahir yaitu DPT Pilpres ditambah data DP4 hasil analisis KPU RI.

"Jumlah orang dari DP4 yang belum masuk daalam DPT terahir sebanyak 36.166. Sedangkan jumlah DPT terahir 15.2530,"jelsanya

Hasil pencocokan dan penelitian daftar pemilih yang dilakukan oleh PPDP, lanjut Julita semuanya akan dikembalikan ke KPU Melawi pada tanggal 19 Agustus. Kalau memang orangnya sudah tidak ada, kemudian ada data ganda maupun orang yang tidak dikenal akan dicoret dari daftar pemilih.

"Akan kita coret apabila sudah tidak ada lagi namanya,"ucapnya.

Saat ini memang baru beberapa desa yang sudah menyerahkan data, sedangkan yang lainnya masih banyak dalam proses melakukan coklit, termasuk desa-desa dalam kota Nanga Pinoh, belum ada satupun yang sudah menyerahkan laporan ke KPU.

“Khusus untuk DPT memang prosesnya masih panjang. Sehingga masih banyak kesempatan untuk memperbaiki datanya,” pungkasnya. (mlw)