Sekilas Info

LPAPI: Anak Jangan Di Eksploitasi Saat Kampanye

H.-Mimin-SuhaimiSINTANG | SenentangNews.com-Lembaga Perlindungan Anak dan Perempuan Insan (LPAPI) Sintang berharap para kandidat Bupati dan Wakil Bupati tidak melibatkan anak bawah umur dalam kampanye.

"Pelaksanaan Pilkada (Pemilihan Kepala Daera) Sintang harus bebas dari memanfaatkan anak-anak," tegas H Mimin Suhaimi, Ketua LPAPI Kabupaten Sintang.

Menurut Mimin, anak-anak harus bebas dari kegiatan politik dengan tujuan menguntungkan pihak tertentu. Misalnya, untuk mendapatkan simpatik dari pemilih. “Jangan sampai anak terkotak-kotak akibat dilibatkan secara sengaja saat kampanye,” katanya.

Keliru, kata Mimin, kalau kandidat mengeksploitasi anak untuk menggalang dukungan. “Anak harus dilindungi bahkan mesti dijamin haknya. Bukan dilibatkan secara langsung dalam Pilkada,” jelasnya.

Ia menambahkan, kandidat yang secara sengaja mengerahkan anak-anak untuk membantu pemasangan media kampanye juga diharapkan tidak terjadi di Pilkada Sintang, misalnya memasang spanduk atau pamflet kandidat.

"Semua tahapan Pilkada sangat diharapkan berlangsung aman dan tertib. Tanpa terkecuali. Tidak ada eksploitasi anak. Pasalnya anak mesti dilindungi dari kegiatan politik," kata Mimin.

Dia juga berharap dalam visi dan misi kandidat diharapkan menyinggung perlindungan terhadap anak dan perempuan. Pasalnya, memenuhi hak anak sudah menjadi kewajiban negara. Kepala daerah harus pandai memformulasikannya.

"Kita menginginkan kandidat menyentuh persoalan anak dan perempuan. Komitmen mesti dimiliki agar KLA (Kota Layak Anak) di Sintang terwujud,” harap Mimin.

Ke depan, kata Mimin, diperlukan kepala daerah yang mampu memberikan ruang terhadap perlindungan dan pemenuhan hak anak, menekan angka kasus pidana dengan pelaku dan korban anak-anak. (tmo)

error: Content is protected !!