Sekilas Info

Dandim: Jangan Takut Daftar TNI

Ilusrasi

SINTANG | SenentangNews.com-Dandim 1205/Stg, Letkol Inf Moch Sulistiono menghimbau masyarakat jangan takut untuk mendaftar menjadi anggota TNI. Terlebih lagi ada persyaratan yang spesial bagi pemuda perbatasan yang akan mendaftarkan diri menjadi calon prajurit.

"Jika dilihat dari kebutuhan prajurit, kita memang kekurangan terlebih untuk di daerah perbatasan. Dengan adanya penerimaan calon prajurit untuk pemuda perbatasan tentunya sangat membantu. Untuk itu, saya berharap para pemuda perbatasan jangan takut untuk mendaftar menjadi calin anggota TNI," ujarnya ketika ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Ia juga menegaskan tak ada penarikan biaya bagi siapapun yang mendaftar TNI terlebih lagi bagi para pemuda perbatasan.

"Kita tak ada penarikan biaya, bahkan tes kesehatan pun biayanya ditanggung kecuali mereka yang telah melakukann tes sendiri. Jika mereka lulus dalam tes, maka akan masuk tanpa ditarik biaya atau gratis," ucapnya.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan Kodim 1205/Stg menerima pelatihan bagi pemuda perbatasan yang akan mendaftar menjadi calon prajurit TNI.

"Untuk pemuda perbatasan yang mau mendaftar menjadi calon prajurit TNI, kita juga akan memberikan pelatihan secara gratis dan juga telah kita sediakan mess untuk mereka menginap, itu juga gratis, mereka hanya mengeluarkan biaya untuk keperluan mereka sendiri, seperti untuk makan," jelasnya.

Akan tetapi, ia juga menegaskan, pelatihan yang dilakukan oleh Kodim 1205/Stg tak berarti mutlak dapat diterima menjadi prajurit.

"Pelatihan itu tak berarti mereka secara mutlak lulus menjadi prajurit TNI, kita hanya memberikan kisi-kisi tes yang akan mereka hadapi. Dan dibanding kodim yang lain, peserta tes prajurit perbatasan dari kodim 1205 / stg paling banyak yang diterima yaitu 10 orang," tukasnya.(uli/red)