Sekilas Info

Pantau Kesiapan Kapuas Raya, DPD RI ke Sintang

LtQbbAn2UHSINTANG - Rombongan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) akan memantau persiapan pembentukan Provinsi Kapuas Raya ke Sintang.  Kedatangan DPD dipimpin langsung ketua DPD Irman Gusman. Kehadiran DPD ke Sintang diharapkan kian mempermulus jalan Kapuas Raya menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

”Rombongan DPD akan ke Sintang. Ini bukan kunjungan biasa. Tapi terkait masalah Kapuas Raya. Kedatangan DPD merupakan respon atas masuknya Kapuas Raya menjadi usulan DOB oleh DPR. Maka kunjungan DPD akan kita maksimalkan guna memperlancar Kapuas Raya disetujui menjadi provinsi,” kata koordinator pembentukan Provinsi Kapuas Raya sekaligus Bupati Sintang Milton Crosby, Minggu (12/01).

Menurut Milton sejumlah persiapan sudah dilakukan menyambut kedatangan rombongan DPD. Kepala daerah dan Ketua DPRD lima kabupaten di wilayah timur Kalbar, serta tokoh masyarakat turut diundang.

Milton menambahkan, rangkaian kegiatan DPD di Sintang yang sudah dijadwalkan seperti memantau fasilitas penunjang Kapuas Raya. Lokasi yang akan dipantau meliputi bandara Tebelian, rumah sakit rujukan, gedung serbaguna-calon kantor gubernur Kapuas Raya, serta sejumlah tempat pendukung keberadaan provinsi Kapuas Raya.

Milton mengatakan, berbagai fasilitas pendukung pembentukan Kapuas Raya itu sudah lama dipersiapkan. Pembenahan dan pembangunan tinggal melanjutkan. Suntikan dana pembangunannya sebagian dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), seperti bandara Tebelian. Dimana pada 2014 dana pusat senilai Rp 50 miliar mengucur untuk bandara tersebut.

Adapun jadwal kunjungan DPD, kata Milton, pada 17 Januari akan berangkat ke Sintang. Kemudian jadwal kunjungan dan temu masyarakat sehari kemudian. Kedatangan DPD dan rombongan saat tiba di Pontianak  juga akan disambut langsung Milton, sebelum bersama-sama berangkat ke Sintang. (Bny)

error: Content is protected !!