Sekilas Info

Demokrat Tunggu Hasil Kongres Nasdem Survei Lima Nama

RUU-Pilkada-ilustrasI1SINTANG I Senentang news.com- Sejumlah nama bakal calon Bupati Sintang sudah mendekati partai Demokrat. Demokrat memastikan semua figur berpeluang untuk diusung. Kendati demikian Demokrat menyatakan masih sebatas penjaringan.

"Sikap politik Demokrat menunggu hasil kongres. Sekarang  kita baru sebatas   penjaringan. Sudah ada beberapa nama yang masuk," kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Sintang  Gregorius Igo, kemarin.

Menurut Igo beberapa nama sudah menyerahkan formulir ke penjaringan Demokrat. Peluang sama diberikan terhadap figur manapun untuk masa penjaringan. Dan, lanjut dia, Demokrat senantiasa membuka komunikasi politik untuk menghadapi pilkada Sintang.

Sementara Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sudah melakukan survei terhadap lima nama yang mendaftar untuk diusung menjadi calon Bupati. Kelima nama itu yakni Jarot Winarno, Agrianus, Suyanto Tanjung, Ignasius Juan, dan Lensus Kandri. "Survei dari DPP langsung. Survei bersifat rahasia," kata ketua DPD Nasdem Sintang Hery Syamsudin.

Menurut  Hery pengajuan nama yang disurvei diajukan  melalui mekanisme  dari DPD ke DPW yang selanjutnya DPP  menurunkan tim survei. Hasil survei  akan menentukan tiga nama.

“Pada bagian akhir DPD, DPW dan DPP melakukan rapat dan menentukan sikap, dengan menghasilkan tiga  nominator yang akan diundang khusus menjalani fit dan fropertest,” kata  Syamsudin.

Ia menambahkan sejumlah nama juga ada yang telah mendaftar sebagai calon wakil Bupati Sintang. Mereka adalah Senen Maryono, Hery Samsudin, Chomain Wahab dan Tery Ibrahim. Namun nama keempatnya tak ikut disurvei.

Menurut Hery, kesembilan nama yang telah mendaftar ke Nasdem baik sebagai Bupati maupun wakil,   meski belum masuk dalam nominasi pencalonan namun  di berikan undangan khusus untuk menegaskan pencalonan yang diusung Partai Nasdem pada Pilbup Sintang 2015. "Diundang menghadiri seminar tentang presidensial di Pontianak. Sekjen DPP Nasdem hadir," katanya. (bny)

error: Content is protected !!