Sekilas Info

Tomas Keluhkan Jalan Rusak

Abang Damsik

SINTANG I Senentang news.com- Tokoh Masyarakat Sintang, Abang Damsyik mengatakan kondisi jalan seharusnya mendapatkan perhatian yang cukup besar oleh Pemerintah di daerah maupun pusat. Pasalnya, jalan merupakan infrastruktur yang mendasar dan pokok bagi masyarakat.

"Pembangunan jalan dan jembatan dapat juga mempengaruhi segala unsur pembangunan di masyarakat, baik perekonomian, sosial dan lainnya," katanya.

Selaku pengguna jalan, ia juga mengeluhkan kondisi sejumlah ruas jalan di Kabupaten Sintang yang kondisinya sangat memprihatinkan. Berbagai upaya telah dilakukan oleh warga, baik mengajukan permohonan perbaikan dan melakukan perbaikan secara swadaya, namun hingga saat ini sama sekali tidak menggugah pemerintah dalam melakukan perbaikan.

Ia juga mengatakan, pemerintah perlu menjamin keselamatan pengguna jalan, dengan cara menata infrastruktur yang berkaitan dengan jalan.

"Hak warga untuk menuntut itu tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan," ujarnya.

UU tersebut menyebutkan, pemerintah wajib menyediakan jalan yang baik untuk menjaga keselamatan warganya, terutama bagi warga yang sampai kecelakaan gara-gara jalan rusak, pemerintah harus bertanggung jawab.

"Warga bisa menuntut pemerintah jika terjadi kecelakaan misalkan karena jalan berlubang," tukasnya.(tmo)