Sekilas Info

Tata Pepohonan di Jalan, Pertahankan Penilaian Adipura

SINTANG I Senentang news.com-Guna menjaga kebersihan dan keindahan Kota Sintang, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemadam Kebakaran (DKPPK) melakukan pemangkasan pohon yang berada di Jalan Pangeran Muda, Kamis (12/2).
Martin Nandung

SINTANG I Senentang news.com-Guna menjaga kebersihan dan keindahan Kota Sintang, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemadam Kebakaran (DKPPK) melakukan pemangkasan pohon yang berada di Jalan Pangeran Muda, Kamis (12/2).

Keberadaan pohon-pohon tersebut dapat mengganggu jaringan kabel listrik, dan dapat juga berbahaya bagi pengendara yang melintas jika pohon tumbang.

Menurut Kepala Dinas DKPPK Kabupaten Sintang Martin Nandung, kegiatan pemangkasan pohon ini dilakukan secara berkala. Khususnya di jalan  yang terdapat pohon-pohon  yang  dianggap menggangu keindahan kota.

“Mengingat Kota Sintang adalah Kota Adipura, kerapian dan keindahan taman jalan merupakan nilai terbesar untuk penilaian Adipura, karena itu kebersihan dan keindahannya akan terus dijaga,” kata Martin.

Dia menambahkan, pihaknya juga saat ini berupaya meningkatkan kebersihan dan keindahan kota. Selain mengoptimalkan kegiatan pemangkasan pohon, tenaga petugas tukang sapu, ditempatkan di wilayah tugas masing-masing untuk menyapu dan merumput jalan.

“Kebersihan, keindahan dan kerapian kota tak hanya menjadi tanggung jawab tenaga kebesihan yang ada di DKPPK, namun kesadaran dan tanggung jawab  masyarakat Kota Sintang. Untuk itu, kita berharap masyakat bersama pemerintah dapat menjaga kebersihan ini,” harap Martin.

Dalam melakukan pemangkasan pohon, pihaknya harus membuat berita acara terlebih dahulu. Mengingat tanaman atau pohon yang berdiri ini merupakan aset milik pemerintah kabupaten.

Selain itu, ia juga berharap kepada pihak ketiga yakni perusahaan untuk mendukung atau ikut partisipasi dalam menata Kota Sintang dengan membantu membuat taman dan fasilitas kebersihan lainnya.

“Saat ini sudah ada beberapa perusahaan seperti perbankan yang telah membuat taman, tugu dan fasilitas kebersihan lainnya. Sehingga dapat memperindah kota Sintang,” kata Martin.

Sementara itu, tambah Martin, pihaknya tahun ini akan menambah fasilitas rekreasi seperti pembuatan taman atau waterfront di wilayah tugu BI dan alun-alun di depan kantor Bupati Sintang.

“Tahun ini kita anggarkan dana 1,9 Miliar untuk membuat waterfront di depan Kantor Bupati. Sedangkan melanjutkan pembangunan taman disekitar tugu BI sebesar Rp 400 juta,” pungkasnya. (tmo)