Sekilas Info

Dinas Kebersihan Akan Tambah Satu Pos Damkar di Tanjung Puri

Ilustrasi

Ilustrasi
Ilustrasi

SINTANG I Senentang news.com- Tingginya angka Kebakaran di Kabupaten Sintang belakangan ini membuat Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Kebakaran Kabupaten Sintang akan mengajukan penambahan pos Damkar diwilayah Kelurahan Tanjung Puri Kecamatan Sintang.

Menurut Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Kebakaran Kabupaten Sintang Martin Nandung Pos kebakaran yang ada saat ini sangat kurang ideal, pasalnya saat terjadi kebakaran diwilayah Tanjung puri penangananya dipastikan akan terlambat.

"Kita lihat saja pada penanganan kebakaran yang terjadi di asrama tentara dan di baning kemarin, saat kita datang, api sudah padam. Jarak tempuh dan akses yang menghambat kita makanya kita perlu membangun satu pos di Tanjung Puri," Katanya.

Menurut Martin, Kondisi ini sudah sangat mendesak sebab pusat kota Sintang bukan hanya ada di pasar Sungai Durian dan masuka namun juga ada di kawasan tanjung puri apalagi kawasan ini padat penduduk dan sebagian besar perkantoran berada di wilayah ini.

"Maka dari itu kawasan di kelurahan Tanjung Puri sudah selayaknya ada satu pos sebab terdapat banyak pemukiman dan perkantoran diwilayah ini," tambahnya.

Selain Penempatan Pos di Kawasan Tanjung Puri, Dinas Kebakaran juga kekurangan personil dan peralatan. Sehingga, pihaknya ingin mengajukan adanya penambahan personil dan peralatan yang memadai.

"Hampir rata-rata peralatan kita sudah tua, terkadang ketika ingin beroperasi perlu di lakukan pengecekan dan pemanasan terlebih dahulu. Jelas ini mengurangi kesigapan kita," katanya.

Keterlambatan penanganan kebakaran, tambahnya juga disebabkan beberapa faktor satu diantaranya kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjauhi lokasi kebakaran sehingga menyulitkan petugas memobilisasi alat.

"Terkadang dilokasi kebakaran banyak warga yang ingin menonton sehingga membuat arus lalu lintas macet, dan pemadam sulit masuk ke tempat kejadian," tukasnya.(tmo)