Sekilas Info

Galang Kerjasama Dengan PT SAM

Ibukota Kecamatan Tempunak Tak Ingin Lagi Jadi Kota Tersepi di Kabupaten Sintang

Kades Nanga Tempunak Saparuddin.

SINTANG | SenentangNews.com – Sudah terlalu lama Ibukota Kecamatan Tempunak menyandang predikat sebagai Ibukota Kecamatan tersepi di kabupaten Sintang. Meski posisinya berbatasan langsung dengan kecamatan Sintang.

Hadirnya jembatan rangka baja Sungai Tempunak yang baru-baru ini sudah difungsikan, membawa harapan adanya pengembangan pembangunan di sana. Jembatan Sungai Tempunak ini juga merupakan batas antara desa Nanga Tempunak dengan desa Tempunak Kapuas.

Sayangnya, kata Kepala Desa (Kades) Nanga Tempunak Saparuddin. K, Senin (17/4/2023), permukaan badan jalan yang menghubungkan jembatan tersebut hingga sekarang belum diberi lapis perkerasan.

Warga tak ingin predikat kota tersepi berkepanjangan. Perkerasan badan jalan di bagian hilir dan hulu jembatan rangka baja ini akan menjadi jalan utama di Ibukota Kecamatan ini. Dan adanya perkerasan badan jalan akan mengundang gairah warga untuk segera memfungsikan areal di kanan-kiri jalan utama.

“Namun sebelumnya harus dilakukan pemetaan tata-ruang di jalan utama ini, agar perkembangannya nanti tidak menjadi kawasan yang kumuh,” ucap Saparuddin.

Galang Kerjasama Dengan PT. Sintang Agro Mandiri (SAM)

Momen Saat Pertemuan Tiga Kepala Desa Dengan Askep PT. SAM di Taman Kedah.

Kades Nanga Tempunak Periode 2021-2027 ini mengungkapkan, bahwa tiga buah desa, yakni desa Nanga Tempunak, desa Tempunak Kapuas dan desa Balai Harapan telah membentuk semacam paguyuban atau kumpulan yang diberi nama Ikatan Masyarakat Peduli Jalan Kita (IMPJK).

Untuk upaya perbaikan jalan, IMPJK sudah melobi pihak perusahaan PT. Sintang Agro Mandiri (SAM), dan direspon baik oleh pihak perusahaan. Untuk itu pada Sabtu malam (15/4/2023) telah dilaksanakan pertemuan antara IMPJK dan pihak PT. SAM bertempat di Taman Kedah.

Dalam jalannya pertemuan IMPJK diwakili oleh Kades Nanga Tempunak Saparuddin, Kades Tempunak Kapuas Yulia Sulastri dan Kades Balai Harapan Alimusbikin. Dari pihak PT. SAM diwakili oleh Asisten Kepala Mulkaji dan sejumlah staf.

Penulis: Kris Lucas
error: Content is protected !!