Sekilas Info

Aparat Keamanan Harus Ciptakan Rasa Aman

Isu Begal Marak, Jangan Salahkan Warga Berbekal Sajam Di Jalan

Hendrikus Martin.

SINTANG | SenentangNews.com - Tahun 2022 lalu marak isu percobaan penculikan anak, di tahun 2023 ini muncul isu lain yaitu isu begal.

Di berbagai media sosial diberitakan adanya korban percobaan begal di berbagai tempat. Isu ini membuat banyak warga masyarakat merasa tidak aman di perjalanan serta menjadi mudah curiga.

Hoaxs maupun bukan, jika isu ini berlarut-larut dikhawatirkan akan merubah perilaku keseharian masyarakat, utamanya dalam memproteksi diri. Tidak menenutup kemungkinan akan muncul reaksi berlebihan dari masyarakat. Begitu dikatakan warga kelurahan Kapuas Kanan Hulu, Hendrikus Martin (56) saat menemui media ini, Sabtu (4/3/2023) di Sintang.

Menurut Pria asal kecamatan Ambalau ini, warga yang menjadi resah dan merasa tidak aman biasanya akan memproteksi diri. Misalnya dengan membekal senjata tajam ketika keluar rumah atau ketika akan melakukan perjalanan ke manapun.

“Jika sudah demikian, jangan ada yang  menyalahkan jika ada warga masyarakat yang kedapatan berbekal senjata tajam. Atau jika ada sekelompok warga masyarakat melakukan sweeping di sekitar kampungnya,” kata Martin.

Sebaiknya pihak kepolisian atau pihak yang berwenang lainnya berupaya untuk menciptakan rasa aman apapun bentuknya. Dan meskipun keamanan bukan hanya tanggung jawab aparat keamanan, jangan menunggu sampai masyarakat membuat pengamanan diri secara berlebihan.

“Saya bukan tokoh masyarakat dan bukan anggota Ormas apapun, hanya seorang warga biasa yang merasa resah oleh isu begal,” pungkas Martin.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!