Sekilas Info

Lagi, PT KAP Konversi Kebun Plasma Kali Ini Giliran Koperasi Kempadik Bersatu

Foto Berdama Seusai Acara Penandatanganan Berita Acara Konversi (Foto Maidrison)

SINTANG | SenentangNews.com – Sudah untuk ketiga kalinya PT. Kencala Alam Permai melaksanakan Konversi Kebun Plasma untuk para petani anggota koperasi mitranya.

PT. Kencana Alam Permai adalah salah satu perusahaan dalam Grup Duta Satya Nusantara (DSN), yaitu PT. Kencana Alam Permai, PT Prima Sawit Andalan, PT. Dharma Persada Sejahtera, PT Mitra Nusa Sarana. Kempat perusahaan ini beroperasi di Kabupaten Sintang. Kemudian PT Agro Andalan yang beroperasi di Kabupaten Sekadau.

Menurut catatan media ini, pertama kali PT Kencana Alam Permai melaksanakan konversi pada 25 April 2022. Konversi ini untuk 78 petani anggota Koperasi Raja Swa seluas 306 hektar. Yang kedua, pada 14 Juli 2022, konversi ini untuk 77 petani anggota Koperasi Bui Nasi seluas 118,60 hektar.

Kemudian yang ketiga sebagaimana informasi dari Pimpinan PT Kencana Alam Permai Imanuel Tibian, dilaksanakan pada 24 Februari 2023 bertempat di Pendopo Bupati Sintang. Konversi yang ketiga ini untuk 143 petani anggota Koperasi Kempadik Bersatu seluas 164,74 hektar. Koperasi Kempadik Bersatu beralamat di desa Riam Kempadik kecamatan Sepauk.

“Kegiatan konversi yang ketiga ini disaksikan oleh Bupati Sintang, dan para Kepala Dinas serta unsur pimpinan organisasi perangkat daerah, diantaranya Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Arbudin serta Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Elisa Gultom. Turut menjadi saksi Ketua Koperasi Kempadik Bersatu Donny dan beberapa anggotanya,” terang Imanuel, Sabtu (25/2/2023).

Saat diungkapkan bahwa menurut data yang ada di media ini, salah satu perusahaan di Grup DSN yakni PT Agro Andalan pada tahun 2015 silam juga pernah melaksanakan konversi untuk petani plasma.

Imanuel membenarkan, bahwa itu konversi untuk 429 petani anggota Koperasi Tunas Mandiri di desa Setawar kecamatan Sekadau Hilir. Konversi tersebut dilaksanakan pada Desember 2015 dengan luas lahan 451,815 hektar.

Penulis: Kris Lucas
error: Content is protected !!