Sekilas Info

Perbaikan jalan? Desa Jaya Mentari Hanya Harapkan Sinar Mentari

Thomas, Kades Jaya Mentari Kecamatan Tempunak Kabupaten Sintang.

SINTANG | SenentangNews.com – Secara geografis letak desa Jaya Mentari kecamatan Tempunak kabupaten Sintang provinsi Kalimantan Barat bukan lah yang paling hulu, namun terletak di jalan buntu. Berada di ujung jalur kanan mudik sungai Tempunak, desa ini kerap terisolir utamanya disaat musim penghujan.

Dibelah oleh sungai Jengkuat (anak sungai Tempunak), salah satu desa dari 20 desa di kecamatan Tempunak ini berpenduduk sekitar 1.300 an jiwa, tesebar di dusun Sungai Buaya, dusun Petinggi Arai, dusun Landau Arai, dusun Tribakti, dusun Serpang dan dusun Pulau.

Kepala Desa Jaya Mentari, Thomas (41) menjelaskan secara rinci, bahwa dari Jaya Mentari hanya ada satu jalan akses untuk menuju kota Sintang sekaligus menuju ibukota kecamatan Tempunak. Yaitu harus melalui desa Gurung Mali, desa Merti Jaya kemudian melalui Simpang Begandong. Lokasi di Simpang Begandong ini yang sering rusak berat berbulan-bulan.

Kemudian, lanjut Thomas, dari Simpang Begandong harus melalui desa Penjernang Hulu, membelah areal Kebun sawit BT 12, terus ke desa Riam Kijang dan desa Manter. Dua desa ni adalah wilayah kecamatan Sungai Tebelian.

“Kondisi jalan antara desa Manter ke desa Riam Kijang belakangan ini sudah sekitar tiga bulan rusak berat dan hampir tidak dapat dilalui. Jalan ini tidak mungkin diperbaiki pemerintah karena itu jalan milik perusahaan perkebunan,” tutur Thomas, Sabtu (21/1/2023) di Sintang.

Menurut perkiraan Thomas, untuk menunggu giliran perbaikan jalan harus menunggu sekitar 10 – 15 tahun. Alasan pertama, karena demikian banyak jalan desa di kabupaten Sintang yang kondisinya rusak. Alasan kedua, karena peralatan yang dimiliki Unit Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Kabupaten terbatas. Alasan ketiga, banyak ruas-ruas jalan yang sebetulnya milik perusahaan.

“Untuk perbaikan infrastruktur jalan desa dari Jaya Mentari hingga desa Manter, betul-betul hanya mengharapkan 'dibakar' oleh sinar mentari yaitu saat musim kemarau,” pungkas Thomas.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!