Sekilas Info

Kasus Asusila Semakin Marak, Peran Orangtua Harus Ditingkatkan

Polres Sintang saat menghadirkan sejumlah pelaku kejahatan sejak beberapa bulan terakhir

SINTANG I SenentangNews.com- Kasus asusila yang menimpa anak di bawah umur, masih terjadi di wilayah hukum Polres Sintang. Selama beberapa bulan terakhir sudah ada empat kasus asusila dengan korban anak dibawah umur yang ditangani kepolisian.

Kapolres Sintang AKBP Tommy Ferdian mengatakan maraknya kasus tindakan asusila terhadap anak dibawah umur di Kabupaten Sintang, membuat para orang tua harus ekstra hati – hati dalam mengawasi perilaku sosial anak diluar rumah.

"Sejak beberapa bulan terakhir kasus asusila terhadap anak dibawah umur semakin meningkat, hal ini dikarenakan pergaulan anak yang dibiarkan bebas serta minimnya peran orang tua dalam mengedukasi anaknya,"kata Kapolres saat menggelar pres rilis di halam mapolres Sintang, kamarin.

Kasat Reskrim Polres Sintang AKP Idris Bakara mengatakan Orangtua turut berperan penting dalam mengedukasi anak-anaknya mengenai pendidikan seks sejak dini, agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas, yang dapat mengancam masa depannya.

“Peran kita semua sangat dibutuhkan dalam mencegah terjadinya tindak kekerasan seksual di dalam lingkungan keluarga. Kami juga meminta kepada korban untuk melapor jika ada terjadi kasus asusila kepada anak dibawah umur. Dengan begitu, pelaku akan diberi hukuman setimpal,” ungkapnya.

Namun ditegaskan Idris pihaknya tidak akan berkompromi dengan pelaku asusila. Dia memastikan, setiap kasus yang menyangkut perlindungan anak, akan langsung diproses sesuai hukum yang berlaku.

"Siapapun yang melanggar hukum pasti kita akan proses sesuai aturan yang berlaku,"pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!