Sekilas Info

CSR PT KAP (DSN Group) Bangun Jembatan Rangka Baja Type Truss di Sungai Sepauk, Jarot: Ini Luar Biasa

Detik-Detik Menjelang Peletakan Batu Pertama Oleh Bupati Jarot Winarno.

SINTANG | SenentangNews.com – Kegiatan fisik Corporate Social Responsibility (CSR) PT Kencana Alam Permai (KAP) dari Dharma Satya Nusantara (DSN) Group dipenghujung tahun 2022 ini, adalah membangun jembatan rangka baja Sungai Sepauk kecamatan Sepauk kabupaten Sintang.

Jembatan ini terletak di ruas jalan antara desa Riam Kempadik ke pusat desa Sekubang (Temanang), yang merupakan akses ke arah Km 38 Jalan Kayu Lapis. Ruas jalan ini adalah jalur satu-satunya angkutan Sembako warga yang menghubungkan sembilan buah desa ke arah Jalan Kayu Lapis kabupaten Sekadau.

Desa yang terhubungkan oleh jembatan ini antara lain, desa Bangun, desa Riam Kempadik, desa Layung, desa Sekujam Timbai, desa Semuntai, desa Sungai Buluh (Tempunak), desa Kemantan, desa Landau Panjang, dan desa Sekubang.

Peletakan batu pertama pekerjaan struktur berat ini, dilakukan oleh Bupati Sintang Jarot Winarno pada Senin (17/10/2022) siang. Acara dihadiri oleh sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Sintang serta Forkopincam Sepauk, turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah yang juga berasal dari Temanang.

Jarot Winarno memberikan apresiasi kepada pihak perusahaan yang sudah mau berinvestasi dan melaksanakan CSR dengan membangun jembatan ini.

“Ini luar biasa, nilai pembangunan jembatan ini mencapai Rp 6 Miliar lebih. Pemerintah Kabupaten Sintang dan masyarakat sangat berterima kasih atas pembangunan jembatan Sungai Sepauk ini dan semoga dapat selesai dalam beberapa bulan,” ucap Jarot Winarno.

Jarot juga mengatakan bahwa di Ketungau Hulu ada juga CSR sebuah perusahaan yang membangun jembatan rangka baja di Sungai Ketungau dengan nilai Rp 18 Miliar. Semua ini tentu sangat membantu. Ketika Pemerintah Kabupaten Sintang kekurangan anggaran, pihak perusahaan telah turun tangan membangun infrastruktur untuk kepentingan perusahaan sekaligus kepentingan masyarakat.

“Dengan adanya jembatan Sungai Sepauk ini, nantinya akses menuju Sepauk bagian hulu dan Tempunak bagian hulu semakin lancar. Dalam perjalanan ke sini tadi, ada beberapa titik yang mengalami kerusakan cukup parah, saya berharap pihak perusahaan juga dapat membantu memperbaiki. Kita semua mendukung pihak perusahaan dalam membangun jembatan Sungai Sepauk ini,” ucap Jarot.

Di acara yang sama, Plantation Head PT KAP Jonner Silaen menginformasikan perusahaan telah membangun dua buah jembatan baja di kecamatan Sepauk ini, yakni jembatan Sungai Sekenu bentang 5 Meter di desa Landau Panjang senilai Rp 1 Miliar lebih dan jembatan Sungai Sepauk bentang 45 Meter lebar 5 Meter (Kelas B) di desa Sekubang ini senilai Rp 6 Miliar.

Kepala Desa Sekubang Leo Pelima turut menginformasikan, bahwa pembangunan jembatan Sungai Sepauk ini adalah untuk menggantikan jembatan lama yang masih konstruksi kayu. Awalnya akan diganti dengan jembatan kayu juga, namun melalui beberapa kali diskusi dan mempertimbangkan jangka panjangnya maka kemudian diputuskan akan dibangun jembatan rangka baja

Masyarakat desa Sekubang menyambut baik serta berterima kasih kepada PT KAP atas pembangunan jembatan rangka baja di desa Sekubang ini. Masyarakat akan mendukung penuh pembangunan ini karena sangat strategis. Jembatan ini bukan hanya memperlancar akses antar desa saja namun juga antar kecamatan, yaitu Sepauk dan Tempunak.

“Kami akan kawal dan pantau terus pembangunan jembatan ini. Selama ini akses jalan pun selalu dijaga dan diperbaiki oleh perusahaan, sehingga jalan kami selalu dalam keadaan baik,” ucap Leo Pelima.

Sementara informasi dari pihak CSR PT. KAP kepada media ini, frekuensi lalu-lintas kendaraan yang selama ini melalui ruas jalan ini antara 100 hingga 150 kendaran dari roda dua hingga roda enam diluar kendaraan PT KAP. Diprediksi akan lebih banyak lagi dengan hadirnya jembatan rangka baja ini.

Selain jembatan rangka baja type Truss dengan Span (bentang) 45 Meter ini, di ruas jalan yang sama PT. KAP juga membangun satu unit gorong-gorong type Box Culvert.

Diinformasikan juga perusahaan lain yang akan melalui jembatan ini, antara lain PT Jake Sarana Divisi IV, PT KSP Plasma dan PT Green (Pertambangan).

Sekilas Tentang DSN Group

PT Dharma Satya Nusantara (DSN) Group untuk di Kalimantan Barat membawahi lima buah perusahaan, yaitu PT. Kencana Alam Permai, PT. Prima Sawit Andalan, PT. Dharma Persada Sejahtera, PT. Agro
Andalan, dan PT. Mitra Nusa Sarana.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!