Membangaun Ketahan Pangan Bisa Dimulai Dari Keluarga

Anastasia

SINTANG | SenentangNews.com – Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Anastasia menyampaikan kenaikan bahan bakar minyak yang terjadi tentu menyebabkan kenaikan harga kebutuhan keluarga. Untuk itu, dia mengapresiasi langkah yang diambil oleh Gereja untuk mendukung masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan yang tentunya harus dilakukan dengan pengetahuan yang memadai.

"Kami memantau perkembangan harga 13 jenis komoditas yang ada. Salah satu yang naik harganya adalah cabe dan sayuran. Dengan kondisi ini, kami mendorong agar masyarakat bisa membangun ketahanan pangan yang bisa dimulai dari keluarga,” jelasnya.

Politisi Nasdem ini menuturkan bahwa penduduk di Kabupaten Sintang saat ini sudah mencapai 434 ribu jiwa dan membuat lahan semakin berkurang sehingga diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan lahan yang sempit untuk memperkuat ketahanan pangan rumah tangga.

"Jangan hanya menanam bunga saja, tetapi juga jenis lain yang bisa membantu memenuhi kebutuhan keluarga. Dengan memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam cabe dan sayuran, maka rumah akan semakin indah dan bermanfaat,” pungkasnya.

RD. Florianus Abong Pastor Kepala Paroki Katedral Kristus Raja Sintang menyampaikan bahwa semua rumah tangga pasti memiliki pekarangan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan dan salah satunya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Hal tersebut diungkapkannya pada Seminar Membangun Ketahanan Pangan dan Kesejahteraan Keluarga Melalui Pemanfaatan Pekarangan Rumah Tangga di Balai Kenyalang, Sabtu (24/09/2022).

"Kami rasa, kamu perlu mendorong umat Katolik untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebaik mungkin dengan menanam aneka tanaman pertanian atau apotek hidup seperti sayur-sayuran dan cabe,” tuturnya.

Pada seminar yang diikuti oleh 107 orang umat Katolik yang berasal dari 24 Lingkungan ini RD. Florianus Abong berharap mampu menggerakkan masyarakat untuk mandiri pangan dengan memanfaatkan pekarangan.

“Setidaknya untuk memenuhi kebutuhan keluarga, jika bisa dijual itu lebih baik lagi,” ucapnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!