Sekilas Info

Dewan Apresiasi Perusahaan Cepat Tanggap Atasi Tumpahan CPO

Rombongan Komisi D DPRD Sintang Bersama Pemerintah Sintang melakukan pertemuan di PT Julong

SINTANG | SenentangNews.com – Wakil Bupati Sintang, Melkianus bersama dengan Kapolres Sintang, AKBP Tommy Ferdian serta Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang meninjau langsung lokasi tempat terjadinya pencemaran tumpahan CPO milik PT Wahana Plantation and Products (PT WPP) atau PT Julong di Sungai Melawi, Desa Tebing Raya, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Jumat (23/09/2022).

Melkianus mengungkapkan Perusahaan dibantu masyarakat dengan arahan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang telah mengambil langkah sehingga pencemaran lingkungan di Sungai Melawi dapat diminimalisir.

“Sudah 13 hari sejak tumpahnya CPO, maskipun masih ada sisa minyak yang harus dikumpulkan namun kondisi Sungai Melawi sudah berangsur pulih,” ujarnya.

“Hari ini kita meninjau ke lokasi terkait tumpahan CPO di Sungai Melawi. Kita ingin melihat seperti apa dampak yang terjadi terhadap pencemaran sungai tersebut,” kata Melkianus.

Melkianus berharap kedepannya perusahaan tetap melakukan langkag pembersigan sungai dari tumpahan CPO sehingga sungai tidak tercemar. Mengingat tumpahnya CPO berdampak pada ekosistem sungai sehingga harus terus dicek dan dilakukan pembersihan dengan sebagaimana mestinya.

“Terkait dampak lingkungan secara keseluruhan, kita masih menunggu hasil uji sampel yang telah diambil oleh Dinas Lingkungan Hidup,” tuturnya.

Mengenai dampak yang telah diterima masyarakat akibat tumpahan CPO, Melkianus meminta kepada perusahaan untuk memfasilitasi bahkan mengganti kerugian yang ada. Pasalnya, dampak yang diakibatkan dengan adanya pencemaran tumpahnya CPO tersebut tidak hanya pada kesehatan masyarakat.

“Tidak hanya kesehatan, tapi ada banyak masyarakat yang juga memiliki usaha di sungai seperti kerambak ikan yang tentunya mengalami kerugian dengan adanya pencemaran ini,” ucapnya.

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Sintang, Zulherman menilai upaya yang dilakukan oleh pihak perusahaan usai tumpahnya CPO di Sungai Melawi cukup bagus karena pihak perusahaan cepat tanggap dengan masalah ini.

“Ke depan kita tinggal menunggu hasil uji laboratorium. Kita juga menekankan pada perusahaan agar memperhatikan masyarakat yang terdampak tumpahan CPO. Harap ditangani dengan baik dengan melakukan komunikatif yang intens pada masyarakat,” katanya.

Mengenai langkah selanjutnya, Zulherman menegaskan pihaknya akan menggelar rapat kerja untuk memutuskan apa langkah selanjutnya yang akan dilakukan kepada PT WPP atau PT Julong.

“Kita tentu akan koordinasi dulu, semua tergantung anggota yang nantinya baru akan kami laporkan kepada pimpinan DPRD Kabupaten Sintang mengenai perkembangannya,” pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!