Sekilas Info

Toni Dorong Pemda Sintang Maksimalkan Pengembangan Sektor Pariwisata

Toni

SINTANG | SenentangNews.com- Terbatasnya mobilitas masyarakat akibat pandemi Covid-19 serta ditutupnya tempat-tempat rekreasi dan hiburan memberikan dampak ekonomi cukup besar terhadap sektor pariwisata.

Kebijakan relaksasi yang diberikan tidak serta merta membuat pariwisata pulih dalam waktu singkat. Selain membutuhkan waktu cukup lama, pemulihan sektor pariwisata juga membutuhkan investasi cukup besar. Sehingga dibutuhkan keseriusan dari pemerintah daerah Kabupaten Sintang untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata agar tumbuh kembali.

"Kita memang belum mengetahui secara pasti dampak terjadinya pandemi terhadap penurunan pendapatan dari sektor pariwisata, karena kami juga masih belum menerima laporan dari instansi terkait," kata Toni.

Menurutnya, pandemi ini sudah memberikan dampak cukup signifikan terhadap perkembangan pariwisata di Kabupaten Sintang karena kondisi yang terjadi telah menimbulkan ketakutan kepada masyarakat untuk berkunjung ke tempat wisata.

“Kami harapkan sektor pariwisata ini bisa kembali menggelait di Kabupaten Sintang ini sebeb bagaimanapun sektor pariwisata salah satu penyumbang Pendapan Asli Daerah (PAD) yang cukub besar bagi pemerintah Kabupaten Sintang,”jelas Toni.

Selain itu Politisi Dapil 3 ini menjelaskan perlunya pembenahan fasilitas di sektor pariwisata, dengan lebih baiknya tempat fasilitas di area wisata akan memberikan rasa nyaman bagi pengunjung.

“Kita juga mendorong agar fasilitas wisata di Sintang lebih bisa berbenah, lebih bisa dinikmati masyarakat, minimal masyarakat lokal, masyarakat nasional, dan masyarakat mancanegara,” tambahnya.

Tak hanya itu, Politisi Golkar ini mengingatkan kepada pemerintah Kabupaten Sintang agar melibatkan masyarakat dalam melakukan pengembangan dan pembenahan wisata di Kabupaten Sintang seperti wisata bukit kelam, wisata balai angin dan lain-lain.

“Karena bagaimanapun juga ketika ada event selanjutnya jika Sintang menjadi tuan rumah, mereka akan melihat apa yang menjadi daya tarik yang ada termasuk bagaimana menyiapkan, dan mendorong produk UMKM lokal yang kita miliki untuk dikembangkan,” pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!