Sekilas Info

Ini Bentuk Kepedulian PT Julong Atas Tumpahan CPO di Sungai Melawi

SINTANG I SenentangNews.com- PT Julong menunjukkan kepeduliannya terhadap sesama dengan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat pesisir sungai Melawi atas musibah terjadinya tumpahan CPO beberapa waktu lalu.

"Sejauh ini kami sudah melakukan penanggulangan termasuk penangan terhadap Desa yang terdampak dengan Tumpahan CPO. Kami juga sudah datang langsung bertemu dengan para kepala Desa dan tokoh masyarakat yang terdampak dan siap bertanggung jawab atas kejadian ini,"kata Arya perwakilan PT Julong.

Arya membeberkan bahwa kronologis tumpahnya CPO Ke sungai Melawi berawal pada saat pihak penjual sudah menyadari lambung kapal sebelah mengalami kemiringan pada saat loding minyak dan diberitahukan kepada pihak pembeli.

"Namun pembeli bersikeras tidak ada masalah dengan tongkang dan meminta kepada pihak penjual tetap menyelesaikan loading minyak hari itu juga,"ujarnya.

Atas kejadian tersebut Lanjut Arya, pihaknya telah membuka posko pengaduan bagi masyarakat di desa - desa yang terdampak untuk dilakukan penanganan cepat.

"Sampai hari ini kami telah memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat yang terdampak hingga pada perbaikan lanting masyarakat yang mengalami kerusakan,"jelas Arya.

Arya memastikan pihak perusahaan akan bertanggung jawab terhadap dampak lingkungan yang ditimbulkan dari tumpahan CPO ke sungai Melawi tersebut.

"Hingga saat ini kami masih terus melakukan pembersihan dititik-titik yang masih ada tumpahan, termasuk inventarisir masyarakat yang terdampak dan memberikan kompensasi terhadap kerugian yang di alami,"tutup Arya.

wakil bupati Sintang Melkianus mengapresiasi langkah perusahaan yang telah bertanggung jawab atas musibah yang terjadi sehingga menimbulkan dampak sosial kepada masyarakat di sekitar perusahaan.

"Dimana perusahaan sudah membantu sarana air bersih, kesehatan serta kebutuhan lainnya,”kata Melkianus.

Terkait dengan langkah pemulihan lingkungan, Melkianus berharap kepada pihak perusahaan untuk melakukan langkah-langkah dalam membersihkan sungai terutama limbah minyak CPO yang tumpah tersebut.

“Harus ada langkah kongkrit supaya ekosistem yang ada di sungai tidak terganggu,’harapnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!