Sekilas Info

Pembukaan Rakercab DPC PDIP Sintang, Lasarus Pukul Gong 10 Kali, Targetkan 10 Kursi

Ketua DPD Kalbar PDI Perjuangan Lasarus Saat Membuka Rakercab II DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sintang.

SINTANG | SenentangNews.com – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kalimantan Barat (Kalbar) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Lasarus, S.Sos, Senin (19/9/2022) membuka acara Rapat Kerja Cabang (Rakercab) II Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Sintang.

Prosesi Pelantikan Pengurus Banteng Muda Indonesia.

Acara Pembukaan Rakerda ini sempat diselingi dengan kegiatan Pelantikan Banteng Muda Indonesia (BMI) Cabang Sintang.

Rakercab yang dihelat di Aula Keling Kumang Jalan YC Oevang Oerai ini mengambil Tema: Desa Kuat Indonesia Maju dan Berdaulat, dengan Sub Tema: Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara. Dan sebagai partainya Wong Cilik PDIP tetap mengusung slogan Berjuang Untuk Kesejahteraan Rakyat.

Dengan dihelatnya Rakerda DPC PDIP Sintang ini, maka untuk Rakerda kabupaten/kota se Kalbar tinggal menyisakan Rakerda di Kapuas Hulu.

Acara Rakerda yang dipimpin oleh Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDIP Kalimantan Barat Lasarus, S.Sos, Msi ini, dihadiri oleh Anggota DPR RI Krisantus Kurniawan, SIP, Msi, Ketua DPRD Kalbar M. Kebing. L, sejumlah pengurus DPD PDIP Kalbar termasuk Yohanes Rumpak, Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Sintang, para Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) dari 14 kecamatan. Hadir juga dari Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDIP Sintang.

Menurut Laporan Ketua Panitia, Agustinus, Rakercab ini diikuti oleh dari pengurus DPC Sintang 19 orang, Fraksi 6 orang, dari PAC 42 orang serta dari Badan dan Sayap ada 12 orang.

Ketua DPC PDIP Sintang Jeffray Edward melaporkan, bahwa proses konsolidasi sudah dilaksanakan, serta terus dibenahi jika ada perubahan dalam struktur baik di tingkat DPC, PAC hingga Ranting dan Anak ranting. Pembentukan badan-badan pun sudah dilakukan, bahkan hari ini kita akan melantik Banteng Muda Indonesia (BMI).

Dilaporkan juga terkait persiapan pendaftaran Parpol dalam Pemilu, DPC sudah meng-update data-data kartu tanda anggota (KTA) dimana ada sekitar 80 KTA tumpang tindih dengan partai lain. Tetapi semua sudah di selesaikan dan dibuatkan pernyataan bahwa yang bersangkutan betul-betul anggota PDIP.

Jeffray juga melaporkan progres fisik pembangunan gedung DPC yang sudah mencapai diatas 90 pesen. Juga teentang hibah lahan dari dirinya yang awalnya seluas 25x64 M2 menjadi seluas 50x64 M2.

Masih secara penjang lebar Ketua DPC Sintang ini melaporkan berbagai perkembangan, termasuk untuk pendaftaran para bakal Calon Legislatif, serta agak sulitnya mencari kader perempuan yang betul-betul ingin berjuang menjadi Calon Legislatif.

Dalam sambutannya Lasarus menyayangkan di Sintang tiga tahun berturut-turut selalu ada SILPA (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran, red) sebesar diatas Rp. 192 Miliar.

“Ini bukan kata saya, tapi kata Wakil Ketua DPRD Sintang,” ucap Ketua Komisi V DPRRI dari Daerah Pemilihan Kalbar II ini.

Uang sebesar ini jika di bagi untuk perbaikan beberapa ruas jalan yang hancur, dapat memperbaiki penyebab selisih harga di hulu dan di pinggir jalan raya. Harga karet di jalan raya Rp. 6 ribu, dibeli di hulu hanya Rp. 4 ribu, selisihnya Rp. 2 ribu karena angkutannya melewati jalan yang hancur.

Lasarus mengajak yang hadir untuk berhitung kerugian petani dengan asumsi hasil noreh 10 Kg per hari per kk. Berapa kerugian per bulan dan berapa kerugian per tahun per kk. Ini baru salah satu komoditas, belum sawit belum lada. Inilah salah satu penyebab inflasinya Sintang tertinggi.

“Ini sebuah renungan, dalam berpolitik bukan hanya berbicara kekuasaan. Slogan Berjuang Untuk Kesejahteraan Rakyat bukan slogan semata. Berpolitiknya PDIP adalah berpolitik yang berkeadaban, politik yang mengedepankan etika dan moral dalam berjuang untuk kesejahteraan rakyat. PDIP adalah Taman Sari Nusantara, di sini tidak membedakan agama, suku dan ras,” ucap Lasarus.

Diakhir sambutannya, Lasarus juga menginformasikan bahwa Puan Maharani awal Oktober nanti akan hadir di Sintang.

Target 10 kursi

Acara Pembukaan Rakerda yang dimulai pada pukul. 09.00 ini dipungkas dengan pemukulan Gong oleh Lasarus sebanyak 10 kali sebagai simbol target 10 kursi untuk kabupaten Sintang.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!