Sekilas Info

Siap Jadi Wadah Kaum Milenial, Banteng Muda Indonesia DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sintang Dilantik

Ketua BMI Wardianus Diapit oleh Sekretaris Yohanes Yuheldo Kurniawan dan Bendahara Robertus Bambang.

SINTANG | SenentangNews.com – Bersamaan dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) II Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Kabupaten Sintang, Senin (19/9/2022) Banteng Muda Indonesia (BMI) Sintang dilantik oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Jeffray Edward.

Ada 16 personil dalam Struktur Kepengurusan BMI Kabupaten Sintang, sebagai Ketua Wardianus, S.Sos, Sekretaris Yohanes Yuheldo Kurniawan, S. AK dan sebagai Bendahara Robertus Bambang. C. Selebihnya adalah nama-nama para Wakil Ketua Bidang, Wakil Sekretaris Bidang dan Wakil Bendahara.

Acara Rakerda dan Pelantikan BMI yang dipimpin oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Kalimantan Barat Lasarus, S.Sos, Msi ini, dihadiri oleh Anggota DPR RI Krisantus Kurniawan, SIP, Msi, Ketua DPRD Kalimantan Barat (Kalbar) M. Kebing. L, sejumlah pengurus DPD PDI Perjuangan Kalbar termasuk Yohanes Rumpak, SPd, MM, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Sintang, para Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) dari 14 kecamatan.

Nampak hadir juga dari BMI Kalbar dan Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDI Perjuangan.

Disela acara Rakerda, Ketua BMI Sintang Wardianus meinginformasikan kepada media ini, bahwa agenda kerja BMI dalam 100 hari kedepan akan menjaring dan merekrut anggota-anggota baru khususnya kelompok milenial lintas agama dan lintas suku dalam kesetaraan gender.

"Program BMI harus selaras dengan target dan kebijakan DPC," kata Wardianus.

Ditambahkannya, bahwa BMI secara rutin akan mengunjungi daerah pemilihan (Dapil). Di setiap Dapil BMI nantinya akan memiliki perwakilan. Kemudian bersama para anggota baru akan berjuang membesarkan PDI Perjuangan tanpa henti serta secara terus-menerus memperjuangkan kesejahteraan rakyat.

“Kami siap menjadi wadah kaum milenial. BMI akan berperan aktif mengawal program dan ideologi partai terutama dalam membumikan Pancasila serta memperjuangkan kesejahteraan rakyat. Dan yakin kami bisa,” ucap Wardianus, optimis.

Saat ditemui disela acara, Wardianus didampingi Sekretaris Yohanes Yuheldo Kurniawan dan Bendahara Robertus Bambang. C.

Mengenal Lebih Dekat BMI

PDI Perjuangan yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri memiliki beberapa sayap partai guna mendukung pergerakan partai, salah satunya adalah BMI. Dan BMI menjadi cikal bakal sayap-sayap di PDI Perjuangan. Berdiri pada 29 Maret 2000, BMI berperan aktif mengawal program dan ideologi partai terutama dalam membumikan Pancasila.

Awalnya, BMI merupakan organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang menyalurkan aspirasi politiknya kepada PDI Perjuangan. Setelah berhasil melakukan konsolidasi pembentukan kepengurusan di tingkat daerah dan cabang di seluruh Indonesia, maka BMI mengajukan permohonan untuk dijadikan sebagai organisasi sayap atau underbouw PDI perjuangan.

Sikap yang dihasilkan dalam Kongres tersebut, kemudian mendapat penghargaan serta pengakuan dengan terbitnya Ketetapan DPP PDI Perjuangan Nomor: 034/TAP/DPP/XII/2006, yang isinya bahwa BMI resmi menjadi sayap partai PDI Perjuangan.

Tujuan berdirinya BMI ialah untuk menjaga 'ruh' api perjuangan nasional dari para pendiri Republik Indonesia, mejaga keutuhan dan martabat dengan mengorbankan apapun, memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan, serta menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!