Sekilas Info

Semua Fraksi DPRD Sintang Setujui Perubahan APBD 2022

Penyampaian pandanagn fraksi terhadap Nota Keuangan dan Raperda Kabupaten Sintang tentang perubahan APBD tahun anggaran 2022

SINTANG | SenentangNews.com- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi atas Nota Keuangan dan Raperda Kabupaten Sintang tentang perubahan APBD tahun anggaran 2022, Selasa (13/9/2022).

Rapat yang dipimpin langsung Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny didamping Hari Jamri dan Jeffray Edward. itu dihadiri bupati Sintang Jarot Winarno, Sekda SIntang Yosepha Hasnah, serta Forkopimda dilingkungan Pemkab Sintang.

Pada dasarnya, enam fraksi DPRD Sintang yanga terdiri dari Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Nasdem, Fraksi Hati Nurani Rakyat (Hanura), Fraksi Golongan Rakyat (Golkar), Fraksi Gerindra, Fraksi Amanat Persatuan menerima penyampaian nota keuangan APBD perubahan 2022. Hanya saja Fraksi Demokrat tidak menyampaikan pandangan umum lantaran masih mengikuti Rapimnas di Jakarta.

Dari pandangan umum yang disampaikan masing-masing fraksi memberikan masukan dan saran dalam batang tubuh anggaran perubahan 2022. Seperti diungkapkan Fraksi PDI Perjuangan melalui juru bicaranya Agustinus.

“Kami memandang bahwa Nona Penjelasan tersebut menjadi sangat penting mendapakan perhatian kami. Sehingga mampu menghasilkan program-program yang betul-betul prioritas,” katanya.

Kemudian, Fraksi Nasdem melalui juru bicaranya Rudy Andryas menyatakan, setuju terhadap Raperda tentang perubahan APBD tahun 2022. Sehingga harus dilakukan pembahasan bersama guna stabilitas pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Fraksi Nasdem menyetujui pembahasan tersebut dan akan ditindak lanjuti," jelasnya.

Selanjutnya, Fraksi Partai Golkar Juru bicaranya Mardiansyah juga menyatakan persetujuan terkait perubahan APBD 2022. Apalagi berkaitan dengan kepentingan masyarakat Sintang secara menyeluruh.

“Namun sebelum pembahasan perubahan APBD 2022, kami meminta agar pemerintah dalam kebijakan APBD Perubahan ini mengarah pada perubahan yang menyangkut efektif dan efisiennya pembangunan di daerah," tegasnya.

Fraksi Gerindra, melalui juru bicaranya Ardi berharap proses perubahan rancangan perubahan APBD tahun 2022 betul-betul dimaksimalkan. "Agar bisa menghasilkan APBD yang benar-benar memenuhi keinginan masyarakat,”jelasnya.

Sementara itu Fraksi PKB, Hanura dan fraksi Amanat persatuan menyatakan persetujuannya untuk ditindak lanjuti. Mereka berharap penyerapan anggaran bisa mencapai angka maksimal sampai akhir tahun.

Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny mengatakan setiap fraksi memberi pandangan dan saran. Dia menuturkan, rata-rata fraksi membahas implementasi dari program yang belum terlaksana pada APBD Murni. “Ibaratnya evaluasi dari APBD murni yang dalam perjalanan mengalami perubahan,”katanya.

Tahapan selanjutnya lanjut Ronny bupati SIntang akan memberikan jawaban atas pandangan umum fraksi yang dijadwalkan Rabu (14/9/2022) besok untuk mendapatkan persetujuan bersama,”pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!