Sekilas Info

Demplot Ayam Petelur Keling Kumang Agro Di Penyangkak II Produksi Pakan Mandiri

Panen Jagung Hybrida di Demplot KKA Penyangkak II

SINTANG | SenentangNews.com – Ada multi kegiatan produktif di Demplot Keling Kumang Agro (KKA) yang terletak di dusun Penyangkak II desa Suka Jaya kecamatan Tempunak kabupaten Sintang. Selain peternakan Layer bibit ayam petelur, produksi telur, kebun jagung hybrida dan kegiatan produksi pakan untuk ayam petelur.

KKA adalah salah satu unit usaha di dalam Gerakan CU Keling Kumang bersama dengan unit-unit lainnya seperti Keling Kumang Union (KKU) yang bergerak di bidang Ritel, Keling Kumang Tampun Juah yang bergerak di bidang jasa serta Yayasan Pendidikan Keling Kumang (YPKK).

Manager KKA, Itoi Thomas Aquino, Saat Berada Di Tempat Bibit Ayam Layer Demplot Penyangkal II.

Menurut Manager KKA Itoi Thomas Aquino, Senin (8/8/2022), Jumlah Layer yang sudah ada di Demplot Penyangka berjumlah 5.200 ekor. Sementara untuk ayam produksi telur yang dikelola oleh Demplot sendiri baru ada 1.000 ekor dengan produksi 800 butir telur per hari. Dalam waktu dekat akan ada penambahan ayam dengan target produksi 2.500 butir telur per hari.

Sesuai kesepakatan dengan para petani, setelah Layer berusia 2-3 bulan baru lah akan didistribusikan kepada para petani di lima buah desa. Karena bibit ini mulai akan bertelur pada usia diatas empat bulan.

Terkait produksi pakan, menurut keterangan Itoi sekarang sudah berlangsung, dan hasilnya sudah diuji di laboratorium serta dinyatakan layak untuk ayam petelur. Dan memang kenyataannya ayamnya sehat dan produksi telurnya normal.

“Kebetulan hari ini kami juga tengah panen jagung hybrida. Hasil panen ini nantinya akan diolah dengan mesin yang sudah ada di Demplot ini untuk dibuat pakan ayam petelur,” terang Itoi yang juga Deputi I Bidang Koperasi Produsen di Gerakan CU Keling Kumang ini.

Untuk lebih memperlancar produksi pakan, KKA mengajak petani untuk berkebun jagung hybrida, petani jangan khawatir tentang pemasarannya karena hasil panennya akan dibeli oleh Demplot KKA di Penyangkak II ini

Diinformasikan, bahwa Demplot ini baru dimulai pada bulan Mei 2021 atau baru empat bulan. Namun khusus untuk ayam petelur, baru dimulai pada bulan Juli 2021. Demplot ini juga telah bekerjasama dengan dokter hewan dari Pontianak.

“Selain selalu mendapat arahan dari Ketua Dewan Pengurus KKA Pak Mikael, Kegiatan di Demplot ini ditangani oleh Pimpinan Demplot FX. Tri serta para pekerja lapangan yang sudah lulus magang di pusat ayam petelur Pontianak yang berada di Sungai Selamat,” pungkas Itoi.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas
error: Content is protected !!