Sekilas Info

Zulkarnain Dorong Pemerintah Tingkatkan Hasil Produksi Pertanian

Zulkarnain

SINTANG | SenentangNews.com- Hasil komoditas pertanian dan perkebunan di Kabupaten Sintang yang melimpah, dinilai masih belum dikelola secara maksimal. Belum adanya sistem pengolahan dari hulu ke hilir menjadi masalah yang harus segera ditanggulangi oleh pemerintah Kabupaten Sintang.

Seperti yang disampaikan Anggota DPRD Sintang Zulkarnain. Ia mengatakan, hal ini membuat produksi komoditas di Bumi Senentang bernilai kecil dan tak mampu bersaing pada pasar.

“Nilai jualnya masih sangat kecil. Memang harus dibuat sebuah formula dalam pengelolaan komoditas ini,” katanya Zulkarnain, Selasa (2/8/2022).

Legislator Serawai Ambalau ini mencontohkan komoditas perkebunan kelapa sawit, jagung, kedelai serta lada yang hanya dijual dalam bentuk mentah. Padahal jika diproses hingga menjadi kemasan, akan memiliki nilai jual tinggi. Belum lagi katanya jika melihat kondis keuangan negara yang belum stabil saat ini akan sangat sulit apabila tidak ada terobosan dari pemerintah terhadap peningkatan komoditi pertanian masyarakat.

“Saya rasa agar pemerintah tidak terbebani dengan kondisi keuangan saat ini yang belum stabil, maka bagaimana komoditi masyarakat yang ada bisa meningkat, paling tidak masyarakat petani kita tidak mengeluh,”kata Zulkarnain.

Politisi Hati Nurani (Hanura) ini mengatakan ekonomi berbasis ekonomi mikro juga harus ditingkatkan. Mengingat saat ini masih belum maksimal. Cara berpikir masyarakat juga harus segera diubah. Pasalnya, hingga kini cara berpikir masyarakat masih mengharap pada sektor pertanian belum maksimal.

“Masyarakat kita Sintang ini sebagaian besar bermata pencarian petani peladang. Itupun hasilnya tidak seberapa. Nah bagaimana menyikapi hal ini supaya hasil pertanian masyarakat kita bisa meningkat. Intinya jika ingin menggairahkan kembali perekonomian di Sintang komoditi petani kita harus ditingkatkan,”bebernya.

Dengan berkembangnya sektor pertanian di Kabupaten Sintang disertai pemasaran yang yang baik, katanya tentu tingkat kesejahteraan masyarakat otomatis akan meningkat.

"Jadi harapan kita, sektor pertanian dapat terus berkembang, tentunya diiringi dengan pasar dan harga yang baik juga, agar petani kita tetap semangat dan tidak mengeluh," tutupnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!