Sekilas Info

Atasi Kegawatdaruratan Infrastruktur, Bejang Apresiasi Kehadiran Bumdesma di Kayan Hulu

SINTANG | SenentangNews.com- Keberadaan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) di Desa Merahau Permai, Kecamatan Kayan Hulu dinilai anggota DPRD Sintang Harjono Bejang, telah memberi dampak peningkatan perekonomian masyarakat desa.

Pasalnya menurut dia, BUMDesma tersebut telah memberikan dampat positif terhadap perbaikan kegawatdaruratan infrastruktur di wilayak Kecamatan Kayan Hulu.

“Keberadaan Bumdesma Lestari ini, selain untuk membuka akses infrastruktur jalan yang masih terisolir, juga akan berdampakan terhadap peningkatan ekonomi desa itu sendiri,”kata Harjono Bejang kemarin.

Keberadaan Bumdesma Lestari dengan penyewaan alat berat kata Politisi Kayan ini bisa mengatasi kegawatdaruratan infrastrukur di Kecamatan Kayan Hulu.

"Ada 31 desa di Kayan Hulu sudah sepakat pendirian Bumdesma ini. Tujuannnya jelas untuk membuka isolasi daerah. Kita harap dengan adanya Bumdesma lestari ini persoalan di desa segera selesai, seperti jalan dan jembatan,”katanya.

Menurutnya setiap desa yang ada di Kabupaten Sintang harus memiliki inovasi terutama potensi yang berkaitan dengan kearifan lokal di setiap desa. “Saya rasa Bumdesma ini sangat membantu masyarakat kita di sana dalam mengatasi kegawatdaruratan infrastruktur,”kata Bejang.

BUMDesma kata Politisi Golkar ini bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat desa baik itu penanganan infrastruktur maupun di sektor pertanian, pariwisata, peternakan, dan sejumlah sektor lain.

“Di Sintang potensi ekonomi di desa itu banyak sekali. Tapi belum bisa terkelola dengan baik. Ada desa yang memiliki potensi untuk pariwisata, pertanian, dan usaha lainnya yang harusnya dapat dikembangkan dengan serius,” ujarnya.

Ia berharap kades dan perangkat desa bersinergi dengan masyarakat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Sehingga anggaran pembangunan desa dapat dialokasikan dari hasil usaha BUMDes.

“Masih banyak BUMDes di Sintang yang belum terkelola dengan baik. Bahkan nyaris tidak aktif. Mereka sangat membutuhkan pendampingan secara serius dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan pendamping desa,” ujarnya.

Ia juga berharap, kedepan BUMDesma Lestari ini dapat terus berjuang dan berinovasi untuk mendongkrak perekonomian masyarakat dan mengembangkan potensi yang ada di desa.

“Saya yakin apabila dikelola dengan baik maka aakan banyak desa yang bisa meniru Bumdesma di Kayan Hulu ini,”harapnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!