Sekilas Info

Dorong Pemerintah Daerah Berkolaborasi Bangun Perbatasan

Kartimia Mawarni

SINTANG | SenentangNews.com- Kabupaten Sintang merupakan salah satu Kabupaten di Indonesia yang berbatasan langsung dngan Negara tetangga Malaysia, diperlukan pemanfaatan dan pemberdayaan dalam segi pengelolaannya khususnya dalam sektor Infrastruktur.

Saat ini untuk bisa membangun infrastruktur di daerah perbatasan secara merata pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, diperlukan kerjasama atau kolaborasi antara pemerintah Kabupaten, propinsi maupun pusat dalam pemenuhan infrastruktur jalan dan jembatan, khususnya di jalur ketungau.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang Kartimia Mawarni mendorong pemerintah untuk berkolaborasi dalam pemenuhan infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah ketungau.

“Titik terparahnya di ruas jalan Semubuk - Sintang. Dimana ruas jalan ini merupakan kewenangan dan tanggungjawab Pemerintah Provinsi Kalbar, kata Kartimia, Senin (1/8/2022).

Menurut Kartimia persoalan infrastruktur jalan dan jembatan ini sudah sering disampaikan pada pemerintah provinsi, agar jalan di jalur ketungau ini diperhatikanh karena kondisinya benar-benar memprihatinkan sekali.

“Melalui pandangan umum juga sudah kita suarakan agar penangananya bisa melibatkan semua pihak,”jelasnya.

Politisi Nasdem ini juga, meminta kepada pemerintah provinsi agar melakukan komunikasi intens dengan pemerintah pusat, sehingga persoalan infrastruktur jalan khususnya di jalur ketungau ini diperhatikan. Sebab, dia menilai infrastruktur jalan dan jembatan erat kaitannya dalam menunjang peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat

“Pembangunan infrastruktur sangat penting bagi sebuah daerah. Khususnya, akses jalan agar roda perekonomian masyarakat tetap jalan,”ucapnya.

Diakatakannya hal ini akan berpengaruh pada kelancaran transportasi. Jika insfrastruktur baik, berdampak pada lajunya perekonomian di suatu wilayah.

“Akses infastruktur ini sangat penting. Kami sejauh ini memang terus memberikan saran dan masukan agar dapat memprioritaskan hal ini,

Apalagi, lanjutnya, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di perbatasan. Karena dengan membuka akses dari perbatasan ke ibu kota kabupaten akan turut mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap produk negeri tetangga. Selain itu, juga memudahkan masyarakat perbatasan memasarkan hasil pertanian atau perkebunannya di dalam negeri sendiri.

“Kalau infrastruktur telah dibangun dengan baik, maka dapat mendorong kemajuan perekonomian masyarakat yang ada di perbatasan,” pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!