Sekilas Info

APBD Diharapkan Untuk Kesejahtraan Masyarakat

Agrianus

SINTANG | SenentangNews.com – Turunnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sintang menjadi perhatian khusus beberapa pihak termasuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Agrianus mengungkapkan turunnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sintang dikarenakan banyak hal salah satunya penyebabnya adalah penanganan COVID-19 yang hingga saat ini masih berusaha diminimalisir oleh Pemerintah Pusat.

“Kalau dilihat dari sisi belanja, tahun depan kan sudah mulai penganggaran tahapan Pemilu Serentak, tentu berpengaruh pada struktur APBD. Kalau tahun sebelumnya dan tahun ini terbagi dengan antisipasi COVID-19, tahun depan untuk pemilu,” kata Agrianus, usai paripurna penyampaikan pandangan Umum terhadap laporan realisasi semester I dan Prognosis 6 bulan berikutnya APBD Kabupaten Sintang tahun anggaran 2022 di ruang Sidang Paripurna, Senin (1/8/2022).

Agrianus menyampaikan perlu adanya pembahasan mengenai beberapa hal krusial yang harus dilakukan dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang ada.

“Kita berharap angka-angka yang dianggarkan dengan keterbatasan dana yang ada itu dilakukan pada hal yang efektif dan efisien,” katanya.

Agrianus menekankan program atau kebijakan pembangunan di tahun depan harus lebih berpihak terhadap kepentingan masyarakat seperti pemenuhan infrastruktur, sarana dan prasarana dalam penyeleggaran pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, serta penanggulangan kemiskinan dan penganguran.

Selain itu, dia juga mengingatkan bahwa keberhasilan pemerintah bukan saja dilihat dari besarnya pendapatan daerah. Tetapi bagaimana hasilnya dapat dirasakan masyarakat. “Intinya kebijakan itu harus prorakyat,” tegasnya.

Politisi Partai Golkar ini meminta kepada Pemerintah Kabupaten Sintang untuk memilih dan memilah dengan cepat dan tepat apa saja yang krusial terjadi sehingga Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tersebut tidak hanya dilakukan untuk persiapan Pemilu Serentak saja

“Infrastruktur jalan dan jembatan serta belanja-belanja modal lainnya yang berkaitan dengan kepentingan public harapan kita tetap menjadi skala prioritas pemerintah Sintang,” tuturnya.

Mantan Camat Sepauk ini juga menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang pasti bisa melakukan dan memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang ada dengan baik untuk kegiatan efektif dan efisien.

“Sama seperti halnya waktu COVID-19 lalu, kita menekan angka operasional dan lebih menekankan pada kepentingan publik,” pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!