Sekilas Info

Jeffray: Gawai Dayak Sintang Digelar 29-31 Juli 2022

Jeffray Edward

SINTANG | SenentangNews.com- Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang Jeffray Edward memastikan pekan Gawai Dayak di kabupaten Sintang akan di gelar pada tanggal 29 - 31 Juli 2022. Kepastian tersebut disampaikan Jeffrai mengingat sejakl dua tahun terakhir tanpa perayaan akibat adanya pandemic covid-19.

“Keputusan gawai dayak tingkat Kabupaten Sintang berdasarkan hasil rapat rapat DAD Sintang tanggal 12 Juli 2022 di rumah Ketua DAD Kab Sintang,”kata Jeffray ,Selasa (12/7/2022).

Menurt Jeffray pelaksanaan Gawai Dayak Kab Sintang sempat di usulkan bulan Oktober 2022, mengingat kondisi waktu dan pembiayaan yang memang belum tersedia, namun mengingat adanya masukan dari para tokoh, orang tua serta audiensi dengan Sekda makanya dipercepat.

“Pada Rapat DAD Sintang hari Selasa, 12 Juli 2022 di putuskan Gawai Dayak akan dilaksanakan pada Tanggal 29-31 Juli 2022 di Rumah Betang di Jerora dengan ketua Gawai Dayak, Selimin, Nikodemus Sebagai Sekretaris dan Damkos Bendahara,”ungkapnya.

Dalam rapat tersebut kata Jeffray, selain membahas pelaksanaan gewai dayak tingkat Kabupaten Sintang yang akan di gelar pada tanggal 29 - 31 Juli 2022 mendatang, DAD SIntang juga membicarakan Musdat DAD Sintang pada September tahun 2022 ini.

“Untuk Musdat masih terseisa 2 kecamatan yaitu DAD Kecamatan Tempunak dan Ketungau Hilir. Sementara DAD Kecamatan Kayan Hilir dan Sei Tebelian tinggal melaksnakan Pelantikan Pengurus DAD,”jelasnya.

Jeffray pun meminta masyarakat adat dayak di bumi Senentang untuk berpartisipasi dan bersabar seraya menunggu informasi selanjutnya terkait pelksanaan gawai dayak yang akan di helat 29 - 31 Juli 2022 mendatang.

“Yang kita utamakan adalah Ritual atau upacara adat nya, yang merupakan esensi dari Gawai Dayak itu sendiri. Saya yakin, walaupun dengan keterbatasan yang ada, Gawai Dayak Kabupaten Sintang tahun ini tetap akan meriah,”harapnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!