Sekilas Info

Pemda Sintang Diharapkan Bisa Akomodasi Hasil Reses Dewan

Anggota DPRD Sintang dari Fraksi Demokrat Mainar Puspa Sari Saat Menyerahkan Hasil Reses Pada Ketua DPRD SIntang Melalui Paripurna Reses di Gedung DPRD Sintang, Kamis (30/6/2022)

SINTANG | SenentangNews.com- Hasil reses dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang dalam sepekan belakangan resmi disampaikan melalui sidang paripurna terhadap laporan hasil kegiatan reses ke- II Tahun 2022 di DPRD Sintang, Kamis (30/6/2022).

Rapat paripurna hasil reses ke- II Tahun 2022 tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Sintang Floremsius Ronny dihadiri anggota dewan lainnya bertujuan untuk merangkum hasil reses yang dilakukan anggota DPRD Sintang, sebelum nantinya akan disampaikan kepada pemerintah daerah sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan perencanaan program.

Penyampaian hasil reses yang ke dua tahun 2022 ini dibacakan oleh perwakilan fraksi masing-masing. Permasalahan pendidikan, pelayanan kesehatan, hingga infrastruktur seperti jalan, rumah ibadah serta lain-lain menjadi sorotan pada paripurna kali ini.

Seperti halnya Fraksi Demokrat melalui juru bicaranya Mainar Puspa Sari. Menurut dia, usulan pembangunan terbanyak yang disampaikan masyarakat didominasi infrastruktur jalan, esehatanserta pendidikan

“Masyarakat Sintang mengharapkan adanya pembangunan yang merata, hal itu didasarkan dengan kepentingan masyarakat banyak. Selama ini mereka menilai pemerintah Sintang lebih gencar melakukan pembangunan dalam kota,” ungkapnya.

Hal yang serupa juga disampaikan Senen Maryono dari Fraksi Amanat Persatuan. Senen mengatakan masih banyak aspirasi masyarakat yang belum terserap dan terakomodasi di APBD Sintang tahun 2021 lalu. “Kita harapkan bisa diakomodasi di 2022 ini,” kata Senen.

Selain itu, di sektor pendidikan kata Senen yang harus menjadi perhatian serius oleh Sintang yakni masih adanya sekolah yang kekurangan guru. Sehingga proses belajar mengajar tidak dapat maksimal.

“Ada sekolah-sekolah yang masih kekurangan guru. Sementara di Kota guru dirasa berlebih,” katanya.

Sementara itu Ketua DPRD SIntang Florensius Ronny mengatakan bahwa masih banyak keluhan masyarakat yang perlu diperhatikan serta ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah Sintang.

"Memang masih banyak yang belum terealisasi. Tetapi, kita akan upayakan satu per satu permasalahan yang ada dimasing-masing dapil perlu diselesaikan," katanya.

Ronny menyebut bahwa nantinya aspirasi dari masyarakat yang disampaikan dalam kegiatan reses anggota DPRD SIntang dapat segera direalisasikan. Meskipun, situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang menjadi penghambat bagi Pemda Sintang dalam merealisasikan keluhan dari masyarakat.

"Mudah-mudahan, penyampaian laporan reses ini bisa menjadi solusi buat kita semua, khususnya masyarakat di bumi Senentang ini,” pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!