Sekilas Info

Reses di Lima Desa, Jhon Xipli Sebut Infrastruktur Masih Jadi Keluhan Masyarakat Sepauk Tempunak

Jhon Xipli

SINTANG | SenentangNews.com- Masyarakat lima desa di Kecamatan Sepauk Tempunak, berharap Pemerintah Kabupaten Sintang, melakukan peningkatan infrastruktur jalan serta memperhatikan anjloknya harga sawit dan karet di daerah setempat. Keinginan masyarakat diutarakan ketika anggota DPRD Sintang Jhon Xipli, saat menggelar reses beberapa waktu lalu.

“Aspirasi warga khususnya di Desa Bedayan, Desa Tawang Sari dan Desa Temawang Muntai warga desa di sana mengeluhkan infrastruktur yang belum memadai,”kata jhon Xipli di Sintang, Selasa (28/6/2022).

Menurut Jhon masyarakat di tiga desa tersebut mempertanyakan akses jalan yang belum dilakukan perbaikan, mengingat ada beberapa desa sudah dikerjakan melalui dana Dana Alokasi Khusus (DAK) seperti ruas jalan Manis Raya-Sekujam Timbai sebesar 7 miliar kemudian Nanga Pari-Buluh Kuning 3 miliar.

“Jadi masyarakat di tiga desa tersebut mempertanyakan kepada saya sampai sejauh mana realisasi yang telah dikerjakan sebab kondisi dilapangan ada beberapa desa yang jalannya sudah bagus dan ada yang rusak sama sekali, jadi masyarakat berharap bisa diakomodir juga,”jelas Jhon.

Selain infrastruktur jalan, Politisi PAN ini juga menerima keluhan masyarakat terhadap anjloknya harga sawit dan karet di daerah tersebut. “Harga sawit sekarang tidak stabil, sempat naik sampai mencapai Rp 4 ribu per kilogram, dan kini anjlok bahkan harganya fluktuatif, sehingga betul-betul merugikan petani sawit,”ucap Jhon.

Jhon menyebutkan, selain petani sawit, para pengepul juga mengalami kerugian besar, karena saat beli di kebun petani dengan harga tinggi, namun saat dibawa ke pabrik harganya turun drastis.

“Selaku wakil rakyat tentu harus kami sampaikan aspirasi masyarakat yang umumnya adalah petani sawit khususnya di wilayah Sepauk Tempunak yang mayoritas adalah petani sawit,”bebernya.

Menurut Jhon, beberapa usulan yang di sampaikan warga tersebut, masyarakat mengharapkan usulan-usulan yang telah disampaikan itu dapat terakomodir pada tahun anggaran 2023 mendatang.

“Selaku anggota DPRD Sintang, saya berkomitmen akan berupaya semaksimal mungkin mengawal usulan-usulan dari masyarakat itu agar nantinya bisa terakomodir oleh pemerintah Kabupaten Sintang,”pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!