Sekilas Info

Pemerintah Diminta Cari Solusi Penyakit Gugur Daun Karet di Desa Tanjung Balai

Jhon Xipli

SINTANG I SenentangNews.com- Masyarakat Desa Tanjung Balai Kecamatan Sepauk mengeluhkan adanya penyakit gugur daun karet yang sudah terjadi sejak dua tahun terakhir.

Akibat adanya penyakit gugur daun karet di wilayah tersebut produksi hasil pertanian petani mengalami penurunan yang cukup drastis yakni mencapai 50 persen.

Atas kejadian ini Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Sintang Jhon Xipli mengharapkan pemerintah daerah Kabupaten Sintang untuk segera mengambil langkah kongkrit.

"Saya minta kepada dinas terkait melalui dinas pertanian untuk terjun langsung ke lapangan, serta melakukan pengamatan lapangan guna memastikan luasan yang sudah terserang dan tingkat keparahan serangan di desa Tanjung Balai,"kata Jhon, Selasa (28/6/2022).

Menurut Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, keluhan para petani sering disampaikan dirinya melalui pandangan fraksi di DPRD. Namun hingga sekarang belum ada perhatian dari pemerintah Kabupaten Sintang.

"Sering sekali kita sampaikan melalui pandangan umum fraksi, tetapi sampai saat ini belum ada tindak lanjut dari pemerintah terhadap permasalahan yang menimpa petani kita di desa Tanjung Balai ini, jelas alumni Unka ini.

Pria ramah senyum ini juga menjelaskan bahwa akibat adanya penyakit gugur daun karet ini menyebabkan hasil produksi pertanian mengalami penurunan yang cukup signifikan. Bahkan tambahnya penyakit gugur daun karet ini tidak hanya terjadi di musim penghujan melainkan musim kemarau saat ini juga masih terjadi.

"Makanya saya mengharapkan petugas dari PPL dan penyuluh pertanian untuk bisa terjun kelapangan. Memberikan edukasi sekaligus memberikan sosialisasi kepada petani. Seperti apa dampak yang ditimbulkan sehingga masyarakat juga paham dan mendapatkan edukasi yang jelas,"ujarnya.

Masyarakat di Desa Tanjung Balai kata politisi Sepauk Tempunak ini, hanya bisa pasrah dengan penyakit gugur daun yang menimpa para petani karet ini.

"Saya harapkan pemerintah bisa peka serta bisa memberikan solusi yang kongkrit terhadap permasalahan yang menimpa petani kita di sana,"pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!