Sekilas Info

Demi Keselamatan, Anton Dukung Larangan Penggunaan Sandal Jepit Saat Bermotor

Anton Isdianto

SINTANG | SenentangNews.com – Imbauan tidak menggunakan sandal jepit saat berkendara menjadi perbincangan yang cukup hangat di lingkungan masyarakat. Tak hanya itu, bahkan ada beberapa cuitan dan juga meme yang dibuat sebagai pancingan untuk melakukan pembahasan tersebut.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Anton Isdianto meminta kepada masyarakat untuk tidak berlebihan menanggapi adanya imbauan tidak menggunakan sandal jepit terlebih saat menggunakan kendaraaan bermotor roda dua.

“Itu kan hanya imbauan, saya yakin sekali tidak mungkin langsung ditilang karena memang hanya berbentuk imbauan saja,” ucapnya, Selasa (21/6/2022).

Anton berharap masyarakat juga dapat menghargai tujuan baik yang ingin dicapai oleh Kepolisian Republik Indonesia dengan mengeluarkan imbauan tersebut kepada masyarakat khususnya pengendara kendaraan bermotor roda dua.

“Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan mereka salah satunya adalah mengantisipasi fatalitas yang diakibatkan jika pengendara menggunakan sandal jepit saat berkendara terlebih lagi jika jarak tempuhnya cukup jauh,” katanya.

Politisi PAN ini juga mengimbau kepada masyarakat khususnya kepada pengendara kendaraan bermotor roda dua yang akan menempuh jarak tempuh jauh untuk tidak abai dengan keselamatan diri yaitu menggunakan helm SNI, memperhatikan kondisi motor dan menggunakan alas kaki yang nyaman.

“Terlebih yang akan berkendara ke luar kota, alas kaki yang nyaman tentu sangat dibutuhkan,” tuturnya.

Kapolres Sintang, AKBP Tommy Ferdian mengungkapkan adanya himbauan untuk tidak menggunakan sandal jepit saat berkendara disebabkan jumlah kasus yang membahayakan kaki pengendara cukup besar.

“Tidak ditilang hanya sebagai imbauan saja. Ini pun kita lakukan agar masyarakat khususnya pengendara dapat berkendara dengan aman dan nyaman saja,” ujarnya.

Selain imbauan tidak menggunakan sandal jepit, Kapolres Sintang mengungkapkan bahwa pihaknya juga meminta kepada pengendara untuk terus menggunakan kelengkapan berkendara yang safety. Terlebih lagi bagi pengendara sepeda motor seperti penggunaan helm yang layak dan standar digunakan serta penggunaan alas kaki yang safety untuk berkendara terlebih bagi yang melakukan perjalanan jauh.

“Sendal jepit itu mudah membuat tergelincir dan bisa melukai kaki dan beberapa ada hal lainnya yang bisa saja membuat pengendara tidak fokus kemudian jatuh atau menyebabkan terjadinya kecelakaan, ini yang kita hindari,” pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny