Sekilas Info

Jeffray Harap Masyarakat Binjai Sudah Bebas ODF

Wakil Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward saat menghadiri Deklarasi ODF di Desa Binjai Hulu

SINTANG | SenentangNews.com- Gerakan hidup bersih yang dilancarkan Pemkab Sintang terus ditularkan ke desa-des. Pola-pola hidup bersih ditularkan melalui berbagai gerakan. Salah satunya gerakan Open Defecation Free (ODF) atau menghentikan kebiasan buang air besar sembarangan. Kali ini program itu diterapkan di Desa Binjai Hulu dan dideklarasikan, Senin (20/6/2022).

Bupati Sintang Jarot Winarno dan Wakil Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward, Camat Binjai Jony, Kepala dinas Kesehatan Sintang HarySinto Linoh beserta sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Sintang hadir dalam deklarasi tersebut.

Wakil Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward mengapresiasi Jajaran Pemkab Sintang yang telah mendeklarasikan ODF stop buang air besar sembarangan. Menurut Jeffray Prilaku buang air besar sembarangan memberikan dampak kepada kesehatan warga. Sehingga pemerintah terus mendorong masyarakat untuk tidak lagi buang air besar sembarangan.

“Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan masyarakat Binjai Hulu ini yang telah mendklarasikan ODF di sini,” ungkapnya.

Tidak hanya untuk kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat, namun gerakan stop sanitasi total berbasis masyarakat di Binjai Hulu menurutnya sangat penting, mengingat Binjai Hulu ini merupakan daerah penghubung perbatasan.“Tentu Desa Mensiku menjadi desa percontohan bagi desa-desa lain yang ada di Kabupaten Sintang ini,”jelasnya.

Selaku perwakilan masyarakat, Politsi PDI Perjunagan ini mendukung kebijakan pemerintah baik di bidang kesehatan, pendidikan maupun infrastruktur jalan dan jembatan demi terciptanya masyarakat sejahtra. “Harapan kita bersama agar program ini bisa terus dilanjutkan demi kesejahtraan kesehatan masyarakat,”pungkasnya.

Ditempat yang sama bupati SIntang Jarot Winarno mengatakan ODF ini sangat penting dalam mencegah stunting di Kabupaten Sintang. “Dengan bebas OFF maka otomatis stunting akan berkurang,”kata Jarot.

Jarot juga mengucapkan selamat kepada desa Mensiku yang berhasil deklarasi ODF. Menurutnya dari 11 desa yang ada di Kecamatan Binjai Hulu hanya ada satu desa yang belum ODF yakni desa Ampar Bedang.

“Target kita Tahun ini Kecamatan Binjai Hulu sudah ODF. Apabila terwujud maka Kecamatan binjai Hulu ini jadi kecamatan pertama yang sudah ODF,”ajak Jarot.

Penulis: Oktavianus Beny