Sekilas Info

Santosa Ingatkan Pengelolaan Keuangan Harus Tepat Guna

Santosa

SINTANG | SenentangNews.com- Ketua Komisi A DPRD Sintang Santosa mengingatkan kepada seluruh Aparatur Negeri Sipil( ASN) maupun aparatur desa khususnya kepala desa (kades) yang ada di Kabupaten Sintang untuk selektif dan hati-hati dalam pelaksanaan anggaran.

“Adanya oknum ASN dan oknum kepala desa yang ditangkap beberapa waktu lalu terkait dugaan tindak pidana korupsi merupakan warning bagi semua pihak termasuk kita di pemerintahaan untuk tetap bekerja sesuai aturan yang ada. Hari ini mungkin mereka khilaf. Besok tidak menutup kemungkinan kita juga bisa begitu,”kata Santosa belm lama ini.

Khusus Pemerintahaan desa se Kabupaten Sintang kata Santosa juga diminta agar bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa, di mana semua akhir penyelenggaraan pemerintahan desa harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat desa sesuai ketentuan.

“Karena anggaran desa tidak kecil dan pertanggungjawabannya juga besar. Lakukan sistem dan mekanisme dengan cara yang baik yaitu tertib administrasi, transparan serta penganggarannya harus jelas, tetap pada fungsi dan harus tepat sasarannya,"jelasnya.

Menurutnya pula, penyebab terjadinya penyalahgunaan keuangan desa, disebabkan oleh pengelolaan dan perencanaan penggunaan keuangan desa yang tidak disiapkan dengan baik dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Intinya, beberapa aspek yang perlu diperhatikan secara serius, yakni tata laksana pengelolaan ADD, regulasi, pengawasan dan integritas SDM. Jadi bekerja itu lurus-lurus saja lah” ujarnya.

Politisi Kayan ini berpesan, tanamkan selalu pola pikir kreatif, inovatif dalam setiap pekerjaan. Dan, berkerjalah dengan cerdas, ikhlas, tuntas dan berkualitas demi membangun Sintang yang lebih baik.

Sehingga, tambahnya lagi, begitu besar peran yang diterima oleh desa, tentunya disertai dengan tanggung jawab yang besar pula. Oleh karena itu, semua harus bisa menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

“Saya mengimbau kepada kepada seluruh kades maupun ASN agar selalu berhati-hati dalam mengelola anggaran sehingga selamat dari kasus hukum.”pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny
Baca Selanjutnya Sintang Masuk Zona Hijau PMK