Sekilas Info

Ketatnya Pembinaan Disperindagkop UKM Provinsi ‘Mirip Mirip’ Audit

Suasana Saat Pertemuan Berlangsung Di KSP CU Keling Kumang.

SEKADAU – SenentangNews.com – Kamis sore tanggal. 7 Juni 2022, tim dari Dinas Perindusterian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Provinsi Kalimantan Barat hadir di Kantor Pusat KSP CU Keling Kumang di Tapang Sambas Sekadau Hilir.

Para Pembina dari Disperindahkop Kalimantan Barat Saat Di KSP CU Keling Kumang.

Kehadiran tim sebanyak empat orang ini, diterima oleh Pengurus, Pengawas dan Manajemen KSP CUKK terdiri dari Ketua Pengurus Stefanus Masiun, Ketua Pengawas Lorensius, Chief Executive Officer Valentinus, Deputy III Paulus Miki, Kepala Departemen Keuangan dan Investasi Adryanus Somek serta sejumlah kepala departemen dan staf di ruang board of director.

Dalam data registrasi, tim yang semuanya perempuan terdiri dari Fenny Octaris, Dwi Kariyana, Maryani dan Shinta Borissova,

Menurut Valentinus, dalam kunjungan tim provinsi selama tiga jam ini, ada beberapa poin yang dipertanyakan dan yang dipastikan sudah ada, serta apakah telah dilaksanakan sesuai dengan apa yang harus dijalankan oleh sebuah koperasi.

“Semuanya clear, karena semua yang ditanyakan sudah ada dan berbagai kewajiban seperti Rapat Anggota Tahunan pun sudah dilaksanakan. Hal ini erat kaitannya dengan penilaian sehat dan atau tidak sehatnya sebuah koperasi,” terang Valentinus.

Saat ditemui SenentangNews, Ketua tim Fenny Octaria menjelaskan bahwa kehadirannya meski mirip audit namun ini bukan untuk kegiatan audit.

'Dalam jabatan sebagai fungsional pengawasan kami masih dalam rangkaian kegiatan pembinaan koperasi binaan provinsi di semua kabupaten/kota se Kalimantan Barat," terang Fenny.

Saat ditanya apakah ada temuan, menurut Fenny sejauh ini dari beberapa pertanyaan dan semua yang ditunjukan KSP CU Keling Kumang sudah sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh Undang Undang Perkoperasian.

“Sebagaimana yang kami lihat, semuanya sudah sesuai dengan apa yang diwajibkan oleh Undang Undang Perkoperasian,” ucap Fenny.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas