Sekilas Info

Stefanus Emanuel: Kegiatan Keling Kumang Agro Selaras Dengan Visi-Misi Kabupaten Sekadau

Kadisperindagkop UKM Kabupaten Sekadau,Stefanus Emanuel.
  1. SEKADAU | SenentangNews.com - Kehadiran Keling Kumang Agro (KKA) yang adalah sebuah koperasi produsen, menjawab keluhan dan kebutuhan masyarakat kabupaten Sekadau di bidang sarana prasarana pertanian dan perkebunan.

Kegiatan KKA selaras dengan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Sekadau, yaitu Maju, Sejahtera, dan Bermartabat. Yang di dalamnya meliputi program strategis peningkatan Infrastruktur, Pertanian, Perkebunan dan Perikanan untuk Kesejahteraan (IP3K).

Program KKA ini benar-benar sejalan dan selaras dengan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Sekadau dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Sekadau.

Semua pendapat tersebut dikatakan Kepala Dinas Perindusterian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kabupaten Sekadau, Stefanus Emanuel di acara peresmian toko sarana produksi pertanian (Saprotan) Agrotani, Kamis (7/6/2022) di Sungai Ringin Sekadau Hilir. Agrotani adalah salah satu unit usaha dibawah KKA.

Masih kata Emanuel, koperasi produsen KKA merupakan salah satu dari program Gerakan CU Keling Kumang (GCUKK). GCUKK telah banyak dan sudah lama membantu menyelesaikan keluhan dan kebutuhan masyarakat pedalaman di bidang pertanian dan perkebunan. Sekarang secara khusus melalui KKA dan unit-unit di bawahnya.

Emanuel mengatakan pendapatnya tersebut, seraya mengungkapkan dirinya telah menjadi anggota Keling Kumang sejak tahun 1993 silam saat dirinya masih bertugas di Tapang Perodah.

“Sebagaimana sudah dilaporkan oleh Manager KKA, KKA telah memiliki legalitas. Untuk izin-izin lainnya silahkan ke Dinas PTSP, pihak Disperindahkop UKM hanya mengeluarkan rekomendasi sesuai dengan data yang diajukan,” kata Emanuel.

Selain mengajak untuk terus berkoordinasi, masih secara panjang lebar Imanuel membeberkan tentang kondisi dan perkembangan ekonomi masyarakat sejak kehadiran Keling Kumang. Emanuel juga mengajak Keling Kumang untuk bersama menggali produk unggulan kabupaten Sekadau.

“Kabupaten Sekadau masih terus menggali produk unggulan. Saat ini sudah ada beberapa peralatan dan sejumlah produk lokal yang dipasarkan di UKM Center Sekadau,” pungkas Emanuel.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Kris Lucas