Sekilas Info

Dukung Pengolahan Sampah Jadi Bahan Bakar Pengganti Batu Bara

Kusnadi

SINTANG I SenentangNews.com- Pemerintah Kabupaten Sintang sedang menyiapkan pengolahan sampah menjadi energi terbarukan yang akan diolah menjadi co-firing atau bahan campuran batu bara yang akan digunakan untuk pembangkit tenaga listrik di PLTU Sungai Ringin Sintang.

Selasa (24/5/2022) kemarin bupati Sintang Jarot Winarno didamping Kepala Dinas Lingkungan Hidup Melakukan penandatanganan memorandung of understanding dengan PT Indonesia Power di Jakarta.

Adanya kerjasama pengolahan sampah tersebut disambut positif anggota DPRD Sintang Kusnadi. Dia menilai Kerja sama ini sangat membantu Pemerintah Kabupaten Sintang dalam mengatasi persoalan sampah.

"Tentu ini menjadi trobosan baru yang dilakukan Pemkab Sintang beserta jajarannya terhadap pengolahan sampah, Sebab masih banyaknya sampah organik dan anorganik yang tercampur sehingga membutuh solusi konkret dalam pengelolaan serta penanganannya,"kata Kusnadi, Rabu (25/5/2022).

Menurut Politis PKB ini pengolahan sampah menjadi sumber energi listrik dapat menjadi solusi penanganan masalah sampah dan memberikan peluang peningkatan perekonomian daerah.

“Saya mengapresiasi inovasi yang luar biasa dari Pemkab Sintang dengan menjadikan sampah sebagai pengganti batu bara. Sebab sampah yang biasanya hanya ditimbun dan berpotensi menyebabkan polusi dapat diubah menjadi produk yang memiliki nilai jual dan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat,”jelasnya.

Dengan adanya kerjasama tersebut Kusnadi berharap secepatnya bisa direalisasikan sehingga bisa memberikan solusi terhadap penanganan sampah di bumi Senentang ini.

"Tentu semua ini perlu proses, tidak bisa serta merta. Apabila terealisasi Sintang akan menjadi kabupaten pertama di wilayah timur Kalbar yang menerapkan mesin pengolah sampah menjadi bahan bakar setara batu bara,"harapnya.

Bupati Sintang Sintang Jarot Winarno Melakukan penandatanganan memorandung of understanding dengan PT Indonesia Power di Jakarta, Selasa (24/5/2022) kemarin di Jakarta

Seperti diketahui Pemerintah Kabupaten Sintang sebelumnya sudah melakukan kerjasama MoU dengan PT Kusuma Jaya Agro. Nantinya PT Kusuma Jaya Agro akan bermitra dengan PT Indonesia Power untuk pengembangan lebih lanjut. Sementara itu Kerja sama ini terjalin dilatarbelakangi oleh kesulitan dalam menangani permasalahan sampah yang terus membludak di bumi Senentang ini.

Penulis: Oktavianus Beny