Sekilas Info

Vaksinasi COVID-19 Gencar Dilakukan Hingga Daerah Pedalaman

Sandan

SINTANG | SenentangNews.com - Untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Pemerintah gencar melaksanakan vaksinasi ke semua elemen masyarakat termasuk yang berada di daerah pedalaman termasuk yang ada di Kabupaten Sintang.

Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Sandan mengatakan semua pihak sebaiknya membantu agar program yang dicanangkan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan pelaksanaan vaksinasi.

“Vaksinasi 1 dan 2 maupun booster bahkan sekarang sudah menyasar pada anak-anak adalah program pemerintah yang bertujuan untuk menjaga seluruh elemen dari COVID-19, jadi mari kita dukung,” ucapnya kepada SenentangNews.com, Selasa (24/06/2022).

Ketika ditanya mengenai program vaksinasi di daerah pedalaman, Sandan mengungkapkan bahwa vaksinasi tersebut sudah berjalan lebih dari 50 persen dengan sasaran vaksin yaitu masyarakat dan anak-anak mulai dari umur 6 tahun.

“Vaksin di daerah pedalaman masih sedang berjalan. Jika di persentase kan, lebih sudah 50 persen pelaksanaan vaksin di pedalaman dan ini terus berlanjut,” ucapnya.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (KMK) mengenai Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bagi anak usia enal hingga 11 tahun.

Jenis vaksin yang akan digunakan untuk Vaksinasi anak usia 6-11 tahun adalah vaksin vaksin Sinovac atau vaksin jenis lainnya yang sudah ada Emergency Use Of Authorization (EUA) dari Badan POM.

"Tentu saja peran orang tua sangat penting dalam menyukseskan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. Untuk itu, Pemerintah meminta agar orang tua untuk berpartisipasi aktif mengajak dan memotivasi anak-anaknya untuk divaksinasi,"ucapnya.

Vaksinasi yang dilakukan pada anak 6-11 tahun serta seluruh elemen masyarakat dilakukan sebagai upaya Pemerintah untuk membangkitkan sejumlah lini kehidupan termasuk di bidang kesehatan dan pendidikan. Infeksi virus Corona pada anak-anak juga sering terjadi disamping terjadi pada orang dewasa .

Gejala yang dialami anak-anak bisa saja ringan, tetapi bisa juga berakibat fatal. Untuk menurunkan risiko anak terinfeksi virus Corona dan memutus mata rantai penularan, pemberian vaksin COVID-19 kepada anak-anak perlu dilakukan. Pemberian vaksin COVID-19 pada anak dapat memberikan manfaat secara medis dan dapat mengatasi transmisi komunitas.

Penulis: Oktavianus Beny