Sekilas Info

Rombak AKD, Welbertus Jabat Ketua Bapemperda

Welbertus

SINTANG I SenentangNews.com- DPRD Sintang mengelar rapat paripurna tentang penyampaian perubahan komposisi alat kelengkapan dewan (AKD) sisa periode 2019-2024 di Ruang Paripurna, Senin (23/5/2022) kemarin. Dalam paripurna tersebut sejumlah komposisi-komposisi AKD pun terdapat perubahan.

Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny memimpin sidang paripurna. Sejumlah mekanisme pengusulan dan konsensus pemilihan internal dilakukan. Hingga akhirnya terdapat perubahan dari jabatan AKD.

Dalam perubah AKD tersebut tiga pimpinan komisi A, B dan C masih di jabat ketua yang lama, sementara Komisi D di isi wajah baru.

Untuk ketua Komisi A dijabat Santosa dari fraksi PKB. Untuk ketua Komisi B dijabat Hikman Sudirman dari fraksi Demokrat. Selanjutnya ketua Komisi C dijabat Sandan dari fraksi Gerindra. Sementara ketua Komisi D yang sebelumnya dijabat oleh Harjono Bejang dari fraksi Golkar kini diketuai oleh Zulherman dari fraksi Nasdem.

Untuk Badan Kehormatan saat ini diisi Agrianus dari Fraksi Golkar. Sedangkan pengisian jabatan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) di isi oleh Welbertus dari fraksi PDI Perjuangan.

Menurut Welbertus, menjadi Ketua Bapemperda mempunyai tanggung jawab yang besar yang harus dijalankan dan dipertanggung jawabkan. Sebab Bapemperda ini bertugas menggodok Peraturan Daerah (Perda) yang diajukan pihak eksekutif maupun usulan dari inisiatif legislatif.

"Ini merupakan amanah bagi saya dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat,"kata Welbertus.

Menurutnya dalam waktu dekat akan ada beberapa raperda yang akan menjadi konsentrasi dirinya bersama anggota terhadap pembahasan perda terutama
Perda yang dianggap mendesak.

"Tahun lalu ada 13 raperda yang telah disahkan menjadi perda. Baik raperda inisiatif dewan maupun raperda yang di usulkan dari pihak pemerintah. Untuk raperda inisiatif dari dewan ada dua yakni terkait investasi perkebunan dan masyarakat adat,"jelasnya.

Welbertus meyakini anggota Bapemperda mempunyai pandangan yang sama dan kompak dalam menjalankan tugas .

“Berkaitan dengan masih adanya Perda yang belum dilaksanakan secara maksimal oleh eksekutif, hal itu menjadi perhatian kami kedepannya,"ucapnya.

Penulis: Oktavianus Beny