Sekilas Info

Jabat Ketua BK, Agrianus Siap Monitor Kinerja Anggota Dewan

Paripurna Penetapan AKD di DPRD Sintang

SINTANG I SenentangNews.com- Agrianus menjadi salah satu ketua dalam penetapan tata tertib Alat Kelengkapan Dewan (AKD) melalui rapat paripurna yang dipimpin langsung ketua DPRD Sintang Florensius Ronny, Senin (23/5/2022) kemarin.

Agrianus terpilih secara sah menjadi Ketua Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang setelah sebelumnya diketuai oleh Marko.

Ditemui usai paripurna, Ketua Badan Kehormatan (BK) Agrianus mengaku siap bekerja menjalankan amanah yang telah dipercayakan kepada dirinya sebagai ketua BK yang baru, mengingat BK merupakan sebuah lembaga yang berhubungan dengan masalah kehormatan wakil rakyat

Menurutnya pembentukan BK merupakan AKD DPRD Sintang yang dibentuk untuk melaksanakan dan menegakkan kode etik DPRD itu sendiri.

"Sesuai dengan namanya Badan Kehormatan. Jadi kita lebih memonitor kinerja teman-teman di DPRD untuk menegakan kedisiplinan para anggota dewan dalam melaksanakan tugas dan fungsi pokoknya,"kata Agrianus.

Poiltisi Partai Golkar ini menyebut, pihaknya akan rajin memberikan peringatan dan mengawasi legislator agar beraktivitas sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan bersama dalam Tata Tertib yang telah disepakati bersama.

“Tujuan BK untuk memantau dan mengevaluasi disiplin dan kepatuhan moral serta kode etik guna menjaga marwah, martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas DPRD Sintang.

Dia juga mengungkapkan akan terbuka jika ada pengaduan baik dari pimpinan, anggota dewan maupun masyarakat. Pihaknya akan sigap melakukan penyelidikan, verifikasi, dan klarifikasi.

"Intinya kita mengutamakan dialog maupun pendekatan internal. Kita tidak mencari kesalahan orang lain sebab manusia tidak ada yang sempurna,"tegasnya.

Legislator Sepauk Tempunak ini juga tidak lupa mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya menjalankan BK di DPRD Sintang. Untuk langkah kedepan, lebih kepada keaktifan anggota-anggota DPRD untuk hadir sesuai ketentuan dan tata tertib yang ada.

“Karena apa, mengingat bahwa masyarakat telah memberikan kepercayaan kepada para anggota DPRD untuk memperjuangkan aspirasinya,” pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny