Sekilas Info

Harkitnas ke-144, Kusnadi Serukan Untuk Bangkit Bersama

Kusnadi

SINTANG | SenentangNews.com- Setiap tanggal 20 Mei, seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional yaitu hari lahirnya organisasi Budi Utomo yaitu organisasi yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia.

Anggota DPRD Kabupaten Sintang Kusnadi menyerukan kepada seluruh elemen di Kabupaten Sintang khususnya untuk dapat bangkit bersama menuju pemulihan ekonomi untuk pembangunan berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat.
“Pandemi COVID-19 yang berkepanjangan mempengaruhi berbagai sektor kehidupan. Mari bersama kita saling berpegang tangan untuk berjuang bangkit bersama,” ucapnya.

Kusnadi mengatakan bahwa Hari Kebangkitan Nasional merupakan momentum yang tepat bagi seluruh masyarakat di berbagai penjuru bangsa untuk kembali bersatu dan bergerak bersama-sama menuju masyarakat yang sejahtera.

“Ada banyak tantangan yang dihadapi hingga saat ini kita mampu melewatinya bersama-sama. Mari kita terus eratkan gandengan tangan untuk terus bangkit dan maju,” katanya.

Politisi PKB ini menyampaikan tema Hari Kebangkita Nasional Tahun 2022 atau yang ke-114 yaitu “Ayo Bangkit Bersama” menyesuaikan dengan kondisi yang saat ini sedang terjadi. Terlebih lagi, ada banyak masalah yang terjadi di Kabupaten Sintang selain sulitnya masyarakat bertahan hidup karena terbatasnya gerak akibat adanya COVID-19, salah satunya adalah banjir besar yang terjadi pada akhir tahun 2021 lalu.

“Tak hentinya kita diterpa ujian, seperti banjir akhir tahun lalu. Itu adalah banjir yang cukup besar yang tentunya mengakibatkan kerugian materiil bahkan ada kerugian jiwa maupun kesehatan masyarakat yang terganggu,” tuturnya.

Hari Kebangkitan Nasional atau dikenal dengan Harkitnas diperingati setiap tanggal 20 Mei. Tanggal tersebut bertepatan dengan lahirnya Organisasi Boedi Oetomo yang berdiri pada tahun 1908. Namun, harkitnas tidak lantas ditetapkan pada tahun tersebut, melainkan ditetapkan pada tahun 1948 atau dua puluh tahun setelahnya oleh Soekarno.

Latar belakang penetapan Hari Kebangkitan Nasional adalah bangsa Indonesia butuh pemersatu pada masa awal kemerdekaan. Bung Karno menilai berdirinya organisasi Boedi Oetomo sebagai awal dari kebangkitan bangsa Indonesia melawan para penjajah.

Penulis: Oktavianus Beny