Sekilas Info

Cegah Stunting, Mainar Ajak Konsumsi Makan Ikan

Mainar Puspa Sari saat menghadiri ikut turut mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di SD Negeri 17 Sungai Ana

SINTANG | SenentangNews.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Mainar Puspa Sari turut serta mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di SD Negeri 17 Sungai Ana, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kamis (19/5/2022) kemarin.

“Gemarikan ini adalah bentuk kepedulian Pemerintah kepada masyarakat,” ujarnya kepada SenentangNews.com, Jumat (20/5/2022).

Politisi Demokrat ini mengatakan ikan merupakan satu diantara protein hewani yang menyediakan gizi yang sehat, halal dan tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat. Dalam ikan terdapat kandungan omega-3, protein dan kalsium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat khususnya bagi anak-anak pada 1000 hari pertama perkembangan mereka.

“Sengan kita mengkonsumsi ikan ini bisa mencegah stunting dan sangat membantu tumbuh kembang generasi muda,” ucapnya.

Dikesempatan itu anggota dewan dua periode ini mengungkapkan Widyakarya Nasioanal Pangan dan Gizi (WNPG) merekomendasikan angka kecukupan gizi per kapita per hari yang harus di penuhi adalah 57 gram protein.

“Dibanding dengan daging, ikan adalah salah satu sumber protein yang harganya cukup murah namun memiliki banyak keunggulan bagi kesehatan kita,” tuturnya.

Kedepan Mainar juga berharap masyarakat tentunya dibantu Pemerintah untuk terus berinovasi dalam pengolahan ikan karena pada dasarnya ikan tidak hanya dikonsumsi dengan di masak pada umumnya namun juga bisa diolah menjadi makanan yang lebih menarik sehingga generasi muda menjadi lebih suka mengkonsumsinya.

“Program Gemarikan ini juga sebagai edukasi kepada masayrakat bahwa ikan tidak hanya dikonsumsi seperti asam pedas, pindang dan sebagainya namun juga bisa dijadikan amplang, kerupuk basah, kerupuk ikan yang tentunya enak jika dinikmati saat santai,” katanya.

Selain itu tingginya konsumsi ikan juga akan meningkatkan permintaan terhadap ikan yang bisa pula membantu perkembangan usaha perikanan baik budidaya, tangkap dan pengolahan.

"Dengan berkembangnya usaha perikanan maka harga produk perikanan akan stabil, menyerap banyak tenaga kerja dalam menibggakaptkan perekonomian daerah,"ucapnya.

Gemarikan merupakan gerakan yang mengajak masyarakat untuk bangga makan ikan. Menurutnya, sebagai negara maritim, Indonesia memiliki modal besar dalam membekali generasi penerus bangsa dengan pangan bergizi.

"Melalui momen ini saya mengajak masyarakat untuk sering makan makan ikan sebab banyan kandungan gizi didalamnya,"pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny