Sekilas Info

Jarot Jadi Irup Harjad Kota Sintang Ke 660

Bupati Sintang beserta Forkopimda kompak mengenakan pakaian adat nusantara di hari jadi kota sintang ke 660

SINTANG I SenentangNews.com- Bupati Sintang Jarot Winarno menjadi Inspektur Upacara memperingati Hari Jadi Kota Sintang yang ke 660 Tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Sintang pada Selasa, 10 Mei 2022.

Saat menjadi irup tampak Jarot pun menggunakan pakaian kombinasi Melayu dan Dayak yang disimbolkan dengan penggunaan Tajak dan Rompi Kain Tenun Ikat Dayak, diikuti anggota Forkopimda yang menggunakan pakaian adat nusantara.

Bupati Sintang dalam amanatnya menyampaikan bahwa pada hari ini, Kabupaten Sintang kembali merayakan Hari Jadi Kota Sintang ke-660. Adapun Tema yang diangkat adalah "BANGSA" yang merupakan kepanjangan dari Membangun Kebersamaan Dalam Perbedaan.

“Tahun 2022 ini, merupakan tahun ke 7 kita mengingat kembali sejarah emas masa lalu Kota Sintang. Kita ingin terus mengingat dan merawat warisan yang telah diberikan oleh figur Jubair Irawan I yang bercita-cita menyatukan perbedaan melalui simbolisasi pertemuan alur sungai kapuas dan sungai melawi yang arusnya saling bertentangan,"katq Jarot.

Menurut Jarot tatkala Sintang diuji oleh wabah covid 19 sejak tahun 2020 hingga saat ini, modal kebersamaan yang dimiliki telah membuktikan bahwa Sintang mampu bertahan dan beradaptasi menghadapi wabah yang sudah menglobal tersebut.

"Tugas kita sekarang, terus membangun Kota Sintang yang berguna untuk anak cucu kita di masa depan. Profil Kota Sintang yang cerdas, sehat, maju, terbuka, damai dan lestari adalah warisan yang terbaik agar generasi emas kita bisa melanjutkan kehidupan lebih baik di masa depan,"jelas Jarot.

Jarot berharap moment Harjad Kota Sintang yang ke 660 dapat memberikan makna tersendiri bermakna untuk lebih banyak berkorban daripada menuntut. Lebih banyak berkarya daripada membuat masalah. Lebih banyak menebar harapan daripada ancaman. Lebih banyak bersilaturahim daripada bertikai.

"Nilai kebersamaan dalam keragaman yang sudah kita miliki sejak masa lampau, wajib kita pertahankan sampai kapan pun. Sebab dengan nilai itulah kita dapat mempertahankan rumah besar kota sintang yang kita cintai,"harapnya.

Dikesempatan tersebut Jarot mengucapkan selamat Idul Fitri 1443 Hijriah bagi umat muslim yang merayakannya. Taqabballahu Minna Wa Minkum, mohon maaf lahir dan batin. "Selamat Hari Jadi Kota Sintang Ke-660. Majulah Kota Sintang, Majulah Kabupaten Sintang,"pungkasnya.

Penulis: Oktavianus Beny
error: Content is protected !!