Sekilas Info

KSP CU Keling Kumang

Dusun Batas Nangka Terpilih Sebagai Village Of The Year 2021

Mangrisono Saat Menyerahkan Penghargaan Village Of The Year Kepada Kepala Desa Buntut Nangka Nikolaus Samsuri.

MELAWI | SenentangNews,com – Meski secara geografis jauh dari kota, warga dusun Batas Nangka desa Batas Nangka kecamatan Menukung kabupaten Melawi bukan berarti tertinggal dalam hal pola pikir. Ini dibuktikan dengan terpilihnya dusun ini menjadi Village Of The Year (VOY) 2021 versi Gerakan KSP CU Keling Kumang (KSP CUKK).

Penghargaan VOY ini bukan untuk yang pertama kali. Sebelumnya, VOY tahun 2019 dimenangkan oleh dusun Sungai Canggai desa Sungai Sena kecamatan Silat Hilir, Kapuas Hulu. VOY Tahun 2020 dimenangkan oleh dusun Tapang Aceh desa Semuntai kecamatan Sepauk, Sintang.

Suasana Acara Penyerahan Penghargaan Village Of The Year di desa Batas Nangka..

Di dusun berpenduduk 641 jiwa (210 kk) ini, tercatat ada 465 (72,54 persen) warganya menjadi anggota KSP CUKK Branch Office (BO) Pelaik Keruap. Bukan hanya jumlah anggota yang menjadi penilaian. Lain-lain yang dinilai, aset anggota telah mencapai Rp. 2.666.000.000,- anggota Peminjam ada 128 orang sebesar Rp. 2,9 Miliar dengan persentasi pinjaman lalai yang kecil.

Penilaian ini adalah dari hasil survey per periodik serta hasil keputusan rapat-rapat antara manajemen dan pengurus pada tahun 2021. Hasil penilaiannya kemudian diumumkan pada Acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021 yang dilaksanakan beberapa bulan lalu.

Penghargaan Village Of The Year untuk dusun Batas Nangka diserahkan pada Rabu (27/4/2022) siang oleh Bendahara Pengurus Manggrisono kepada Kepala Desa (Kades) Batas Nangka Nikolaus Samsuri. Area Manager Melawi Hermanus menyerahkan dukungan biaya kegiatan.

Kades hadir bersama beberapa perangkat desa serta sejumlah warga yang anggota KSP CUKK. Dari pihak KSP CUKK selain Area Manager Melawi dan Bendahara Pengurus Manggrisono, ada Marketing Public Relation & Research Department (MPR-RD) Head Heru Sudarmoko beserta staf. MPR-RD adalah departemen yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaan survey. Hadir juga dari jajaran Pengurus dan Pengawas, Manggrisono dan Lorensius.

Dalam kesempatan ini, Kades Nikolaus Samsuri sempat mengatakan bahwa terpilih sebagai VOY adalah kebanggan bagi dirinya dan warganya. Namun sekaligus sebagai beban untuk dapat menjadi lebih baik lagi.

“Ini sungguh luar biasa, namun ada tanggung jawab moral didalamnya yang harus kita jaga. Kita harus pertahankan itu. Karenanya apa yang kurang baik harus kita perbaiki. Mari kita jaga bersama dan kita kuatkan KSP CUKK agar kita terus terbantu. Berpegang tuguh lah kepada KSP CUKK yang telah berjasa terhadap kita,” ucap Nikolaus Samsuri.

Apresiasi juga datang dari Area Manager, menurutnya ini kampung terbaik untuk penilaian tahun 2021, baik dari sisi aset, anggota, pinjaman beredar maupun dari sisi kredit lalainya.

“Kita mengamati sejak warga ber CU dari tahun 2016 hinggai sekarang, kampung Batas Nangka banyak sekali perubahan dan kemajuannya,” kata Hermanus.

Diakhir acara, Ketua Dewan Pengawas KSP CUKK Lorensius sempat mengatakan, bahwa KSP CUKK adalah kendaraan kita bersama untuk menuju kemajuan.

“Luar biasa, pinjaman beredar di kampung ini juga cukup bagus dibanding dengan kredit lalainya. Bahkan kredit lalainya berada di angka Nol koma sekian persen,” kata Lorensius.

Penulis: Kris Lucas
Photographer: Riyo